Mempercepat Koneksi Modem Broadband

Koneksi broadband internet kini sangat mudah karena banyak provider ponsel yang menawarkan paket-paket murah, yang memang sedikit mahal adalah modemnya dengan angka kisaran 300-400 ribu rupiah.

Dari beberapa kartu pra bayar yang menawarkan paket murah yang pernah saya coba dan cocok didaerah saya Pamulang, Tangerang Selatan, Banten :

Kartu GSM :
  1. Kartu Axis : Paket Data 1 GB/30 hari Rp. 35,000
  2. Kartu As Simpati : Paket data Ulimited 1 hari Rp. 5,000
  3. Kartu XL : Paket Data Unlimited 1 hari Rp. 5,000
  4. Kartu 3 karena koneksinya tidak dapat bagus saya tidak tuliskan disini
Kartu CDMA :
  1. Esia, Smart dan Frend belum saya coba
Yang perlu diperhatikan pada saat koneksi ada 2 tingkatan kecepatan yaitu EDGE/GPRS dan UMTS/HSDPA.
  1. EDGE/GPRS : Ini kecepatan terendah yang biasanya dipakai untuk Hape non 3G
  2. UMTS/HSDPA : Ini kecepatan 3G yang dapat dipakai untuk Hape support 3G

Pilihlah kartu yang pada saat koneksi melalui Modem mendapatkan sinyal UMPTS/HSPDA, jadi cobalah beberapa kartu yang sekiranya cocok untuk wilayah tempat tinggal kita.

Kemudian untuk memperlancar koneksi tersebut kita dapat melakukan setting kontrol panel Windows XP yang saya dapat dari blognya mas Rachmad http://rachmadresmi.blogspot.com/2010/01/tips-biar-koneksi-modem-kian-cepat.html

Langkahnya adalah:
  1. Buka Device Manager (klik kanan My Computer - Properties - Hardware)
  2. Pilih Port
  3. Pada COM## dan COM## klik 2 kali
  4. Pada Port Setting, bikin “Bits per second” ganti menjadi "128000" dan “Flow control” ganti menjadi "Hardware"

Kemudian untuk membantu lebih mempercepat browsing kita dapat gunakan juga software buatan anak negeri yang pernah saya tulis disini :
Super Speed Internet Browser Assistant

http://cahpamulang.blogspot.com/2010/12/percepat-koneksi-internet-dengan-super.html


Disamping itu ada pula penguatan signal broadband secara fisik, namun saya belum dapat trace kembali artikel tentang itu, kelak tulisan ini akan saya upadate bila saya sudah temukan cara-caranya.

Tulisan ini sekedar pengalaman pribadi, sehingga kajian teknis tidak saya tuliskan karena saya tidak memiliki kemampuan untuk itu. Sekiranya ada ynng dapat berbagi dengan saya tentulah akan saya terima dengan senang hati.

Pamulang, ba'da Isya
Sabtu, 22 Januari 2011

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya