Komunikasi Diblokir, Mesir Kembali ke Era Morse

Headline

INILAH.COM, Kairo- Pemerintah Mesir membatasi komunikasi dalam negeri, baik internet maupun seluler. Di tengah kekacauan, masyarakat global berhasil menemukan trik.

"Internet tidak bekerja. Polisi mulai membakar mobil," tulis salah satu warga Mesir. "Hari ini menjadi hari paling berpengaruh di Mesir," tulis warga lainnya.

Pesan tersebut tidak datang dari ponsel atau komputer melainkan sebuah radio amatir yang memanfaatkan kode Morse di sebuah tempat tersembunyi di Mesir.

Usaha pemerintah Mesir membatasi komunikasi dalam negeri telah memicu gelombang tuntutan dari grup internasional pendukung kebebasan berbicara di internet yang disebut Telecomix.

Pengorganisasian ini meliputi chat room, wikipedia, kolaborasi tulisan, dan lainnya. Sebagian besar anggota kelompok ini memilih anonim saat menginformasikan suasana di Mesir.

Mereka mempublikasikan cara komunikasi ‘aman’ yang mampu menembus aturan pemerintah. Telecomix sebelumnya juga bekerja sama mengupayakan kebebasan berbicara di Tunisia, Iran, Cina dan negara lain yang menyensor intenet.

Saat ini, Mesir diklaim sebagai prioritas utama Telecomix, seperti diinformasikan situs We RE-Build. mereka memiliki daftar yang selalu diperbarui untuk menunjukkan pembicaraan paling update di Mesir. Mereka juga menyediakan ruang obrolan yang sulit ditembus.

Kini ada sekitar 20 anggota Telecomix yang sangat aktif, 50 anggota aktif dan sekitar 300 anggota pendukung asal Mesir, berdasarkan keterangan administrator Telecomix, Christopher Kullenberg dari Gothenburg, Mesir.

“Anggap Telecomix sebagai sekelompok orang yang terus berkembang melakukan satu hal bersama-sama,” tegas Kullenberg.

Kode Morse adalah metode dalam pengiriman informasi dengan menggunakan standar data pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kalimat, kata, huruf, angka dan tanda baca.

Kode Morse di ciptakan oleh Samuel Morse seorang yang bekerja sebagai elektrik telegraph pada 1830. Samuel Morse juga pengguna morse pada awal pesawat pemancar diperkenalkan. Dengan berkembang pesatnya alat
komunikasi dan teknologi kode morse sangat luas dikenal di seluruh dunia untuk keperluan navigasi pelayaran, pesawat udara, serta komunikasi militer. [mor]

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar: