Manfaat Petai Cina - Dari Cacingan hingga Obat Kuat

Source : Tangsel Raya

Meski kerap dijauhi karena baunya yang menyengat, ternyata petai cina memiliki banyak sekali manfaat.
Petai cina (Leucaena leucocephala) atau Kemlandingan atau Lamtoro (Jawa)  adalah tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Daunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda. Sementara bunganya yang berjambul warna putih sering disebut cengkaruk.
Buahnya mirip dengan buah petai (parkia speciosa) tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah petai cina termasuk buah polong, berisi biji-biji kecil yang jumlahnya cukup banyak.
Petai cina oleh para petani di pedesaan sering ditanam sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan segalanya. Petai cina cocok hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.
Selain dimasak, petai cina juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami.  Mengapa petai ini diyakini begitu berkhasiat? Ternyata memang ada sebabnya. Kandungan vitamin tanaman ini begitu luar biasa. Bayangkan, dalam setiap 100 gram biji petai cina tua terkandung 148 kalori karbohidrat (sumber tenaga dan energi), 10,6 gram protein (pembentuk sel dan jaringan tubuh), 0,5 gram lemak, 26,2 gram hidrat arang, 155 miligram kalsium, 59 gram fosfor, 2,2 gram zat besi, 416 SI vitamin A, 0,23 miligram vitamin B1  dan  20 miligram vitamin C yang berfungsi membantu penyembuhan luka serta mempertahankan kesehatan kulit dan jaringan.

Maka tak heran kalau kemudian petai cina diyakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain :

  • Cacingan; Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara menyangrai (menggoreng tanpa minyak) biji petai cina yang sudah tua dan kering. Sebelum digoreng sebaiknya, petai cina ini ditumbuk halus (dibuat bubuk). Setelah disangrai, ambil 1 sendok dan seduh dengan ½ - 1 gelas  air panas (seperti membuat kopi). Niscaya seluruh cacing yang ada di tubuh akan hilang.
  • Tlusuben (kemasukan benda/kayu ke dalam daging); Pertama-tama cari daun petai cina yang masih muda. Tumbuk  hingga halus dan ditambahkan terasi dapur. Lalu aduk sampai merata. Kemudian balurkan pada bagian yang sakit dan Diabetes; Biji petai cina yang sudah tua dan kering ditumbuk halus (dibuat bubuk). Kemudian goreng tanpa minyak hingga kehitaman. Ambil 1 sendok dan diseduh dengan air panas  (seperti membuat kopi). Minum 1 kali sehari dan lakukan secara teratur sampai sembuh.
  • Mengobati luka dan bengkak; Ambil daun petai cina secukupnya lalu tumbuk halus atau dikunyah. Kemudian tempelkan pada bagian yang luka / bengkak.
  • Menghilangkan jerawat; Ambil 2-3 helai daun petai cina dan remas-remas dengan sedikit air kemudian usapkan ke bagian wajah yang berjerawat atau ke seluruh wajah hingga rata. Diamkan sekitar 10 menit dan bersihkan dengan air dingin.
  • Meningkatkan gairah seks; Khusus bagi pria dewasa yang ingin meningkatkan vitalitasnya bisa mencoba 1 sendok petai cina yang ditumbuk halus, 1 sendok bubuk merica hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu. Kesemua bahan ini kemudian dicampur sampai rata dan minum sekaligus. Kemudian Anda tinggal menunggu reaksinya.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Quote :

Bagaimana tidak mungkin internet menjadi sumber dekadensi moral anak bangsa, kalau hanya dengan mengetikkan kata kunci : babe, nude, hot, girl, maka kita dapat dengan mudah menemukan link-link masuk ke situs nudis? :(