Twitter Kembalikan Hashtag Flotilla

JAKARTA - Setelah sebelumnya diduga Twitter menyembunyikan trending topics Flotilla, akhirnya layanan mikroblogging tersebut memunculkan kembali hashtag tersebut.

Bahkan dalam pantuan okezone, Senin (31/5/2010), ada dua trending topics yang menggunakan kata Flotilla, yaitu Gaza Flotilla dan Freedomfrotilla. Kedua hashtag ini sebagian besar berisi mengenai kecaman terhadap Twitter yang menyembunyikan hashtag Frotilla dan menggantinya dengan kata Israil.

Peristiwa penyerangan kapal bantuan kemanusiaan untuk korban di Gaza, Palestina, oleh tentara Israel mendapat perhatian dari pengguna Twitter di seluruh dunia. Namun anehnya, topik ini tidak menjadi trending topic.

Keanehan ini muncul setelah hashtag Flotilla, yang merupakan nama dari salah satu kapal bantuan kemanusiaan yang diserang Israel ramai menjadi perbincangan. Akan tetapi, hashtag ini tidak muncul di trending topics, malah sebuah hashtag dengan nama Israel yang muncul.

Jika menggunakan layanan lain seperti trendstic, justru akan mendapatkan informasi yang berbeda. Di situ malah terpampang Flotila menjadi trending topics nomor satu setelah Israil.

Sebelumnya, konvoi bantuan pro-Palestina termasuk Frotilla mengangkut sedikitnya 700 aktivis kemanusiaan. Konvoi berlayar dari Siprus, Minggu (30/5) pagi waktu setempat. Bantuan untuk warga Palestina di Jalur Gaza itu seharusnya tiba di perairan yang dikontrol Israel sekitar pukul 16.00 hari ini.

Namun dalam perjalannya mereka diserang oleh angkatan laut Israel. Pihak Israel menyatakan serangan tersebut dilakukan karena mereka diprovokasi terlebih dahulu. Dalam serangan tersebut sedikitnya 15 orang dikabarkan tewas.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya