Terkumpul 5 Truk Koin untuk Prita

SUARA MERDEKA CYBERNEWS

Terkumpul 5 Truk Koin untuk Prita

Jakarta, Cybernews. Gerakan "Koin Peduli Prita" telah resmi ditutup. Total, telah terkumpul sekitar lima truk uang koin senilai Rp 610 juta.

Salah seorang sukarelawan, Yusro M Santoso, mengatakan, butuh lima sampai enam truk pasir untuk mengangkut uang koin sebanyak itu. "Koin itu pastinya akan kami tukar dulu ke bank dengan uang kertas sebelum diserahkan ke Prita," ujarnya.

Secara simbolis, dana yang terkumpul dalam gerakan itu akan diserahkan kepada Prita Mulyasari dalam konser koin keadilan di Hard Rock Cafe Jakarta pada 20 Desember mendatang. Konser akan dihadiri sejumlah musisi tanah air seperti Slank, Gigi, Ari Lasso, Nidji, Cokelat, Sheila On 7, Titi DJ, Sherina, Audy, dan Drive.

Seluruh koin itu saat ini masih tersimpan rapi dalam sejumlah karung di posko Jalan Langsat 1/3 A, Keramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. "Kami akan mendatangkan akuntan untuk mengecek semua, bukan untuk mengaudit jumlahnya," ujarnya.

Gerakan 'Koin Peduli Prita' dipicu dari vonis Pengadilan Tinggi Banten yang mengharuskan Prita membayar ganti rugi kepada Rumah Sakit Omni Internasional Alam Sutera sebesar Rp 204 juta. Koin yang terkumpul sedianya akan disumbangkan kepada Prita untuk membayar RS Omni.

Namun, di tengah gelombang pengumpulan koin, RS Omni menyatakan mencabut gugatan perdata terhadap Prita. Hal itu otomatis menghapuskan vonis denda Prita. Meski gugatan dicabut, koin akan tetap diserahkan kepada Prita.

Selain koin, Prita juga menerima sejumlah sumbangan melalui rekening dari sejumlah tokoh seperti para anggota DPD RI senilai Rp 50 juta, Fahmi Idries, 102 juta, Partai Demokrat Rp 100 juta, MS Kaban Rp 5 juta, dan Yenny Wahid Rp 5 juta. Prita berencana menggunakan dana yang terkumpul untuk membantu para korban ketidakadilan hukum.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya