Ini Dia Peta Baru Ala Google Googles

Rileks.com

Perkembangan teknologi Global Positioning System (GPS) yang terintegrasi dalam ponsel, dalam waktu dekat tak lagi mengandalkan pencarian lokasi berdasarkan keterangan nama jalan atau tempat secara tertulis.

Lebih dari itu, Google melalui aplikasi terbarunya menyempurnakan fitur peta digital yang mengandalkan petunjuk atau keterangan melalui gambar.

Google Goggles, demikian nama aplikasi tersebut, merupakan aplikasi baru yang bisa digunakan di ponsel dengan sistim Android. Lewat aplikasi ini, fokus pencarian didasarkan pada gambar dan bukan kata.

Sebagai contoh, ketika anda sedang jalan-jalan di Bali, namun anda lupa dimana arah menuju pantai Kuta, dengan Google Googles, anda cukup mengambil foto jembatan tersebut dan meng-klik "cari" maka Google Search akan mencari berdasarkan gambar lewat foto yang anda unduh sebelumnya.

Tak terbatas pada identifikasi gambar ataupun foto, aplikasi ini juga dimungkinkan melakukan pencarian melalui medium lukisan, buku bacaan, logo, tempat sampai jenis wine.

Bahkan tak mungkin, di masa datang, melalui aplikasi ini anda dapat mengidentifikasi apapun termasuk mengajari anda bermain monopoli.

Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa dioperasikan pada ponsel berbasis Android. Namun, anda jangan patah arang dulu. Pasalnya, penguhuni lab kreatif Google bukan orang yang bakal mandeg berinovasi demi karya mereka dimanfaatkan banyak pihak.

Di masa depan mungkin saja aplikasi macam ini dapat digunakan universal di setiap jenis sistem operasi dan tentu dengan ponsel berbasis GPS umumnya.

Aplikasi Goggles memang belum bisa dibilang sempurna. Tapi, ini merupakan tahapan awal dari peta masa depan yang begitu ditunggu banyak orang. (ROL/Ezz)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya