Kisah Perjalanan Seorang Ibu Menghantarkan Koin Untuk Prita

detikNews


Jakarta - Wajahnya tampak lelah dan nafasnya terengah-engah. Cucuran keringat juga keluh kesah lelahnya dalam perjalanan terlontar dari bibir seorang ibu yang ingin menyampaikan amanah  mengantarkan sekantung koin untuk disumbangkan kepada Prita Mulyasari .

Dewi  Sumyati, seorang ibu yang  diberi tugas untuk mengantarkan koin itu mendatangi Posko Utama Koin Peduli Prita di Jl Langsat I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (19/12/2009). Uang yang  disumbangkan tidak seberapa, hanya Rp 82.000 saja. Uang itu terdiri dari Rp 27.000 uang kertas, Rp 55.000 uang koin, 2 lembar dua dollar Singapura dan satu celengan kecil.

Dalam kantung plastik hitam bawaanya itu ada sebuah celengan kecil bermotif kartun. Dewi  menuturkan itu adalah celengan anaknya yang bungsu. Uang dalam celengan itu diniatkan oleh anaknya yang masih berusia sekolah menengah pertama untuk membeli sebuah telepon genggam.

"Saya bilang sama anak saya, nanti ada rezekinya lagi. Anak saya bilang tidak apa-apa," ujar wanita yang tinggal di Bekasi ini.

Dalam perjalanannya menuju posko, ibu empat anak ini tidak mudah mencapai tujuannya. Di mana tujuan awalnya adalah ke posko Jati Padang, karena menurut informasi yang diterimanya, penyerahan koin itu dilakukan di posko Jati Padang. Sesampainya disana, ternyata posko tersebut sudah tidak menerima bantuan koin lagi dan dipindahkan ke posko Langsat.

"Saya muter-muter nyari posko di Jati Padang, sampai tanya-tanya ke pos polisi segala akhirnya ketemu juga. Ternyata sudah pindah di Kebayoran Baru katanya," ucapnya.

Perjalanan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB, harus dilalui selama 4 jam untuk mencapai lokasi posko Langsat. Padahal normalnya perjalanan dari Bekasi ke Jakarta dapat ditempuh sekitar 2 jam jika menggunakan kendaraan umum.

"Karena nyasar, saya habiskan ongkos sekitar Rp 27.000. Hitung-hitung amal," kata Dewi  yang berkerja sebagai seorang Sekertaris Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Yayasan Aisyiyah Kota Bekasi ini.

Wanita berusia 49 tahun ini juga mengomentari soal kasus Prita sebagai bentuk ketidakadilan hukum.  Dia mendukung Prita untuk tetap mengajukan proses hukum yang rencananya akan terus  ke tingkat kasasi.

"Maju terus Mba Prita, jangan takut dengan ancaman hukum," ungkapnya.

Jumlah total koin yang sudah dihitung dari seluruh posko melebihi target Rp 204 Juta, yakni sekitar Rp 650.364.058. Penghitungan selesai pada 17 Desember 2009 pukul 20.45 WIB. Rinciannya total yang dihitung di luar posko Langsat, Rp 275 juta. Perhitungan di posko Langsat berjumlah Rp 335.296.058.

Uang ini nantinya akan diserakan pada sebuah konser amal bertajuk 'Konser Koin Untuk Keadilan' yang diselenggarakan oleh para relawan koin peduli Prita Mulyasari bertepatan dengan Hari Kesetiakawanan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Desember di Hard Rock Cafe Jakarta.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya