Bisakah Ciliwung Disulap Jadi Lokasi Wisata

VIVANEWS

Jum'at, 18 Desember 2009, 14:04 WIB
Eko Priliawito
Menteri Agung Laksono & Gubernur Jakarta Fauzi Bowo susuri Sungai Ciliwung (Antara/ Salis Akbar)

VIVAnews - Pemerintah Kota Jakarta Selatan segera mengembangkan kawasan kali ciliwung sebagai wisata sungai karena memiliki potensi sebagai tempat wisata.

Menurut Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi, penataan di bantaran Kali Ciliwung yang masuk dalam wilayah Jakarta Selatan akan segera dilakukan dengan penghijauan.

Kawasan kumuh yang ada di bantaran kali akan menjadi target penghijauan awal.

"Sangat baik potensinya, maka penataan dengan penghijauan di kawasan bantaran sungai segera dilakukan," katanya dalam acara penanaman pohon ke 50 ribu di bantaran Kali Ciliwung di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam penataan tersebut pihaknya juga melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam melakukan penghijauan di bantaran kali Ciliwung.

Sehingga bantaran kali Ciliwung kembali hijau dan wisata sungai bisa terwujud.

Syahrul menjelaskan, potensi di bantaran kali bisa dimanfaatkan seandainya masyarakat juga telah kembali sadar. "Bisa dibuat wisata air di bantaran sungai dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru," jelasnya.

Pada bulan Januari mendatang pihaknya akan langsung melakukan peninjauan di sepanjang bantaran sungai dengan turun langsung menggunakan perahu.

"Akan disisir mulai dari Cijantung hingga Manggarai. Mendata ulang bantaran yang perlu di hijaukan." ujarnya lagi.

Kasudin Pariwisata Jakarta Selatan AZ Harahap mengakui, saat ini pihaknya memang sedang mengembangkan potensi wisata air.

Namun, fokusnya saat ini adalah mengembangkan yang sudah ada seperti Setu Babakan. "Kalau untuk sungai Ciliwung memang ada, namun kita belum bisa targetkan kapan akan dilaksanakan," katanya.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya