IPB Blogger Day Gagal Pecahkan Rekor MURI

ANTARA News

IPB Blogger Day Gagal Pecahkan Rekor MURI
Minggu, 13 Desember 2009 16:30 WIB

Bogor (ANTARA News) - Kerusakan teknis jaringan hotspot memaksa kegiatan IPB Blogger Day 2009 pada Minggu pagi di kampus Institut Pertanian Bogor gagal memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rencanannya kegiatan IPB Blogger Day 2009 yang dicanangkan oleh mahasiswa Ilmu Komputer IPB itu akan memecahkan rekor MURI dengan post blog (posting konten ke blog) dengan 1000 laptop secara bersaman.

"Kita gagal karena ada kesalahan teknis jaringan hotspotnya, sehingga tidak bisa mengakses Internet diwaktu yang telah ditetapkan," kata koordinator Humas IPB, Fawzia Defrida, di Bogor, Minggu siang.

IPB Blogger Day 2009 berlangsung di gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB Dramage Bogor, Kabupaten Bogor. Acara dimulai pukul 08.30 WIB.

Acara diselingi dengan seminar dan pertujukan seni, tepat pukul 11.00 WIB saat pemecahan rekor dimulai, seluruh mahasiswa yang hadir tidak dapat mengakses jaringan internet.

Batas waktu pemecahan rekor MURI dari pukul 11.00 WIB hingga 13.30 WIB. Sebelum dimulai pemecahan rekor MURI sebagian peserta ada yang bisa mengakses jaringan internet.

Tapi pada saat waktu yang ditentukan, akses point Internet distabilkan untuk memulai pemecahan rekor, tetapi karena keselahan teknis penstabilan tidak berhasil.

Berkali-kali operator mencoba membetulkan jaringan karena kapasitas yang kurang memadai dan teknis komputer yang sulit distabilkan. Alhasil seluruh peserta pada jadwal yang ditentukan tidak bisa mengakses Internet.

Fawzia menyebutkan, sebelum acara dimulai dua hari sebelumnya telah dilakukan uji coba mengakses satu akses point untuk 200 orang.

"Waktu uji coba lancar dan tidak ada hambatan sehingga kita optimistis bisa terselenggara," ucapnya.

Namun pada hari H, akses point yang telah disediakan sebanyak 8 titik masing-masing untuk 200 pengguna ternyata tidak berjalan lancar.

"Kita sangat menyayangkan, dua bulan kita mempersiapkan konsepnya ternyata gagal karena akses point tidak lancar," keluh Fawzia

Hingga pukul 14.00 WIB, tidak satu pun dari sekitar 800 peserta yang hadir bisa mengakses Internet memalui hot spot. Akibatnya satu persatu peserta pulang dengan kecewa.

"Udah dari tadi dicoba juga tidak bisa, apalagi baterai laptop sudah habis, ngedrop. Kemungkinan untuk bisa diakses sangat kecil, dan ini sudah gagal makanya kita memilih untuk pulang," ungkap salah satu peserta yang juga mahasiswa IPB.

IPB Blogger Day 2009, dihadiri 1000 orang mahasiswa IPB yang ingin memecahkan rekor MURI kategori Post blog dengan 1000 laptop secara bersaman.

Kegagalan ini menjadi pelajaran bagi panitia, dan belum ada rencana kedepan jika akan diulang.

"Kita belum tau ya mbak, apa akan kita ulang lagi," ucap Fawzia datar.

Selain dihadiri mahasiswa, acara tersebut juga dihadiri oleh pihak rekor MURI yang diwakili oleh Notaris, dosen IPB, pembicara seminar Blogger Wicaksono dari majalah Tempo, Prof Dr Ir Syafri Mangkuprawira.(*)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya