Muhammad Ali Cari Asal Usul Keluarga

Liputan6


02/09/2009 10:00 | Tinju
Liputan6.com, Ennis: Legenda tinju dunia, Muhammad Ali mengadakan kunjungan sentimental ke Ennis, Irlandia Barat, belum lama ini. Hasilnya, bisa diduga, antusiasme warga Irlandia sangat tinggi menyambut kedatangan Ali yang bertujuan mencari asal usul keluarganya di negara itu. Bahkan, ribuan orang terlihat memadati pinggiran jalan Kota Ennis guna menyambutnya.

Kota Ennis merupakan kampung halaman kakek buyutnya, Abe Grady. Abe kemudian bermigrasi ke Kentucky, Amerika Serikat, pada 1860-an. Sang kakek kemudian menikahi seorang budak yang telah bebas.

Salah satu cucu Abe Grady, Odessa Lee Grady Clay kemudian melahirkan Muhammad Ali yang dahulu bernama Cassius Clay pada 1942. Darah Irlandia Ali diperjelas hasil geneolog pada 2002 lalu. Namun selama ini Ali belum pernah datang ke Ennis. Ali akan berkunjung di Ennis hingga Rabu ini (2/9), sebelum pulang ke tempat tinggalnya di Kentukcy.

Selama di Ennis, Ali dijadwalkan akan bertemu dengan sejumlah kerabat jauhnya. Ia juga memberi kesempatan para wartawan dan warga untuk memotretnya, kendati tak memberi kesempatan wawancara ataupun memberikan tanda tangan. Ali yang kini berusia 67 merupakan sosok fenomenal di dunia tinju. Dia menyabet juara dunia kelas berat tiga kali. Di masa tuanya, Ali mengidap penyakit parkinson.(UPI/AND)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya