Mau Mudik? Pilih 13 Jalur Baik Ini

INILAH.COM


INILAH.COM, Jakarta - Bagi para pemudik yang mengunakan kendaraan bermotor diimbau untuk memilih jalur yang baik dan aman. Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum mengumumkan 13 kondisi jalan yang bisa dilalui pemudik.

Informasi yang diterima INILAH.COM, Jakarta, Kamis (9/9), diantara 13 keadaan jalan di jalur mudik lebaran 2009 sudah ada pelebaran dan diperbaiki. Berikut 13 jalur tersebut:

1. Jalan tol dari Jakarta menuju Cikunir dalam kondisi baik

2. Jembatan layang di Jl Cut Meutia, Bekasi dan pelebaran jalan menjadi 4 lajur

3. Karawang menuju 11 km jalan lingkar yang dibuat 4 jalur

4. Jalan layang underpass dan jalan by pass di Karawang, Jawa Barat

5. Jakarta-Cirebon dan sebaliknya sudah dipisahkan oleh media jalan permanen

6. Beroprasinya jalan tol Kanci-Pejagan sepanjang 34 km untuk melayani jalur Cirebon-Brebes dan sebaliknya

7. Pelebaran ruas jalan sepanjang 12 km di kecamatan Karangpucung sampai Majenang, Cilacap

8. Jakarta-Demak sudah 4 lajur jalan raya

9. Jalan sepanjang 30 km di Semarang-Demak-Kudus kini sudah menjadi 4 jalur

10. Disiapkannya 10 jalur alternatif di kota Semarang

11. Pelebaran jalan di Lintas Pantai Selatan Jawa yang mencangkup Banyuwangi, Pacitan, Pangandaran, Cidawu, Sukabumi, Cibaliung hingga Ujung Kulon, Banten. Begitu pula di Lintas Tengah Jawa yang menyangkup: Semarang, Losari, Cirebon. Lintas Selatan Jawa: Pacitan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Wangon, Bandung dan Nagreg.

12. Pemeliharaan dan penyelesainan jembatan di seluruh Indonesia, di antaranya perbaikan 4 jembatan di jalur berebes samapai pekalongan, Jawa Tengah yaitu jembatan Kelawangan, Suryodadi dan Babadan serta 6 jembatan lain di Jawa Timur antara lain: Bayaman (Pasuruan-Probolinggo), Buduk (Bojonegoro-Padangan) dan Tembelangan (Babat-Jombang)

13. Kondisi Jalan nasional di Sumatera stabil dan baik.

Menurut Direktur Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Hermanto Darak, kondisi jalur arus mudik lebaran tahun ini sudah bisa dioperasikan oleh masyarakat pada H-10. "Kondisi jalanan arus mudik ini sudah bisa di pergunakan oleh masyarakat pada H-10," ungkapnya. [bar]

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya