Mencoba Rasa Bakmi Bisu

INILAH.COM


INILAH.COM, Yogyakarta - Anda penggemar berat bakmi dan penggemar travelling? Jika kedua jawabannya ya, coba cicipi bakmi bisu yang terletak di Yogyakarta ini.

Warung makan bakmi Shibishu ini terletak di Jalan Raya Bantul No 106. Tempat ini dapat ditempuh sekitar lima menit dari Malioboro, tepatnya 500 meter selatan Pojok Beteng Kulon.

Jangan terkecoh oleh namanya yang agak berbau Jepang, bakmi ini dimiliki orang Yogya asli dan sudah beroperasi sejak 25 tahun lalu.

Selain keramaiannya, warung makan ini dikenal dengan nama 'bakmi bisu'. Kok?

Dinamakan bisu karena pelayan yang mendistribusikan pesanan ke para pelanggan adalah seorang wanita tuna wicara (bisu).

Untuk menggodog dan menggoreng mi yang disajikan warung ini menggunakan sebuah anglo berbahan bakar arang untuk memasak semua pesanan pelanggannya.

Jadi, tidak heran jika sambil menunggu pesanan bakmi, suguhan yang datang terlebih dahulu adalah teh manis hangat. Cukup berbeda dari tempat lain yang menyajikan teh hanya dengan menggunakan gelas.

Di sini juga diberi tambahan sebuah teko kecil jika air teh yang ada di gelas sudah habis. Selain berbeda dalam penyajian, teh ini juga berbeda dalam hal rasa jika dibandingkan dengan teh di tempat lain.

Tampilan bakmi goreng ini sekilas hampir sama dengan bakmi di tempat lain, hanya saja warnanya lebih terang sedikit mungkin karena tidak terlalu banyak menggunakan kecap.

Bakmi ini terbuat dari dua jenis mi, yakni mi kuning dan bihun. Kemudian dilengkapi dengan potongan-potongan kecil daging ayam dan seledri. Bumbu yang menyelimuti bakmi ini amat terasa tebal dan meresap ke dalam mi. Sekilas rasa mi ini seperti agak berlebihan bumbu, namun itu semua hilang ketika disusul oleh suapan-suapan selanjutnya.

Di meja penyajian juga disediakan cabe rawit yang sangat nikmat jika diceplus berbarengan dengan mi. Hal yang tidak terlupakan dari makan di bakmi bisu ini adalah ketika setelah selesai makan mi dilanjutkan dengan teh panas wasgitel. Dua hal ini, mi dan teh, seakan saling melengkapi dengan kelebihannya masing-masing. [L1]

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya