Ini Dia Laman Internet "Halal" - Imhalal.com

VIVANEWS



Tidak seperti Yahoo dan Google, ImHalal bisa mensensor informasi atau data yang haram

VIVAnews - Google dan Yahoo terus bersaing keras untuk menjadi mesin pencari informasi nomor satu di dunia. Namun, ada suatu laman yang mengkhususkan diri sebagai mesin pencari informasi untuk umat Islam. Namanya "ImHalal."

Melalui alamat "www.imhalal.com", kaum Muslimin dan Muslimat dapat mengakses internet tanpa perlu khawatir ada muatan data atau gambar yang menurut Syariah dianggap haram atau terlarang.
Seperti dikutip dari laman Press TV milik Iran, Kamis 3 September 2009, mesin pencari halal itu mengkategorikan hasil pencarian haram menjadi tiga level.

Bila hasil pencarian termasuk haram, maka akan muncul kalimat "Oops! Your search inquiry has a Haram level of 1 out of 3". Itu berarti, hasil pencarian yang ditemukan ImHalal.com bisa jadi bersifat haram.

Namun, pengguna internet masih bisa mengakses hasil pencarian yang termasuk haram pada level 1 dan 2. Akan tersedia link yang bisa di-klik jika pengguna menganggap bahwa hasil pencarian yang diinginkan masih tergolong 'bersih'.

Bila level haram masuk ke tingkat 3, maka pengguna akan tersambung ke peringatan untuk mengganti kata kunci pencarian.
Peringatan itu akan terbaca demikian: "Oops! Your search inquiry has a Haram level of 3 out of 3! I would like to advise you to change your search terms and try again".

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya