Sega Jamblang, Makanan Khas Cirebon

17/10/2009 07:55




Liputan6.com, Cirebon: Soal makanan, Cirebon tidak hanya terkenal dengan empal gentong saja. Kota yang berada di ujung timur Jawa Barat ini juga memiliki makanan khas lainnya, yaitu sega jamblang. Keunikan sega jamblang adalah nasinya yang dibungkus kecil-kecil dengan daun jati. Ini memang telah menjadi kebiasaan para pedagangnya. Karena, rasa yang dihasilkan berbeda bila dibungkus dengan daun pisang atau lainnya. Ini mungkin karena daun jati mempunyai pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya dan tetap terasa pulen.

Penyajiannya bersifat prasmanan serta lauknya beraneka ragam. Mulai dari sambal goreng, tahu sayur. daging, perkedel, hingga blekutak. yakni sejenis cumi cumi. Peminat makanan ini hampir dari semua kalangan dan usia. Baik pendatang maupun warga asli Cirebon tidak akan bosan menikmati sega jamblang. Apalagi harganya relatif murah dan bisa membuat perut kenyang.

Jamblang diambil dari nama desa di sebelah barat Kota Cirebon, tempat asal pedagang makanan ini. Sega jamblang adalah makanan yang diperuntukkan bagi para pekerja paksa yang tengah membangun Jalan Raya Daendels. Maklum, jika hampir di seluruh kota dan pelosok Kabpaten Cirebon dapat dengan mudah dijumpai pedagang sega jamblang ini. Selengkapnya simak video berita ini.(BOG)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya