Awas Hati-hati Pemalsu ID Kompasiana Ada Disekitar Kita by Wawan S


Hi sobat ...

Seorang Kompasiana bernama pak Wawan S telah memposting tentang pemalsuan ID di Blog Publik Kompasiana yang kebetulan ada keterkaitannya dengan ID cahPamulang.
Saya harap posting tersebut dapat menjawab dan sekaligus memperjelas perilaku si Maling dan siapakah dia dan gerombolannya itu.
Anda minat mengikuti cerita itu? Silahkan meluncur langsung kesana. 
Namun sebelum kesana silahkan dibaca dahulu re-blog artikel tersebut di sini.


Silahkan
:)


-----------------------




Kompasiana : Wawan S


Suatu hari, saya membaca artikelnya ibu Mariska Lubis yang berjudul Kata Siapa Buaya Itu “Buaya”? disana saya menemukan sesuatu yang sangat menarik, bukan isi tulisan dari Ibu Mariska Lubis yang menjadi perhatian tetapi ada 2 komentar yang saling bersebrangan tapi anehnya komentar tersebut berasal dari id yang sama dan dengan avatar yang sama yaitu dari Cah Pamulang komentar #7 yang seperti biasanya komentarnya bersifat provokatif, dan dari cahpamulang komentar #14 dan #15 yang menyatakan bahwa terjadi pemalsuan id. Anehnya kedua id tersebut merujuk (link) pada web yang sama yaitu http://cahpamulang.blogspot.com/ bahkan alamat email yang digunakannya juga sama, bukankah itu aneh ?

Untuk memastikan tentang pemalsuan id tersebut, saya langsung menanyakan secara langsung pada pemilik blog bersangkutan, dan alhamdulilah mendapat penjelasan apa dan mengapa hal itu sampai terjadi, tidak lupa saya meminta maaf pada cah pamulang asli bahwa saya telah menilai negatip pada id cah pamulang karena memang selama ini komentar-komentarnya selalu nyeleneh.

Sebagaimana fitrah dari manusia yang selalu ingin tahu, saya lihat komentar-komentar yang dibuat oleh cah pamulang dengan maksud ingin mengetahui mana id cah pamulang asli dan mana id cah pamulang palsu, waduh ternyata sulit sekali karena sebagai anggota saya tidak bisa melihat IP kompasianer. Tiba-tiba saya teringat, saya pernah menanyakan ke Kang Pepih bagaimana caranya memasang Avatar bukan niat untuk pasang tampang tapi untuk mengingatkan pada diri sendiri supaya saya lebih bertanggung jawab dalam menulis maupun memberi komentar, beliau menjawab

Pepih mengirimi Anda pesan.
Balasan: Mohon Pencerahan
“Bapak harus menyimpan foto tersbut di http://www.facebook.com/l/d7376;Flickr.com atau http://www.facebook.com/l/d7376;photobuckets.com, ambil URL-nya untuk ditempel di CMS Kompasiana. Silakan…”


Karena dasarnya memang saya orang gatek, saya tidak bisa menerapkan apa yang disarankan oleh Kang Pepih, nah sekarang kenapa foto/avatar saya muncul, yaitu karena rasa penasaran, saya coba-coba buka “Page Source” dari blog kompasiana ternyata muncul src=‘http://www.gravatar.com/avatar/
Oleh karena itu saya langsung buka www.gravatar.com dan ternyata bisa.

Berdasarkan pengalaman tersebut saya mencoba membedakan cahpamulang asli dengan cahpamulang palsu berdasarkan avatar nya, walaupun dalam tampilan web tampilan avatar dari cah pamulang asli dan cah pamulang palsu itu persis sama, tapi ternyata pada Source Code menampilkan sesuatu yang berbeda

Cahpamulang asli kodenya
”
”</p

Sedangkan cahpamulang palsu kodenya
”

Yang kedua, bila saya memberi komentar tanpa login terlebih dahulu ke kompasiana maka id yang muncul adalah Wawan Supriadi sedangkan bila memberi komentar setelah login ke kompasiana id yang muncul wawansupriadi jadi tidak lah mengherankan apabila komentar #7 dari artikel Kata Siapa Buaya Itu “Buaya”? id nya Cah Pamulang ini mengindikasikan orang pengecut ini tidak login terlebih dahulu sedangkan untuk komentar #14 dan #15 id yang muncul cahpamulang ini mengindikasikan bahwa cah pamulang yang asli login terlebih dahulu

Langkah terakhir, saya mencoba berfikir sebagai cah pamulang palsu bagaimana caranya memalsukan identitas orang lain, ternyata caranya gampang sekali yaitu


Memasukan id yang akan dipalsu (pada nama)
memasukan alamat email dari orang yang akan dipalsukan
memasukan website milik orang yang akan dipalsukan

Nah lho, darimana orang lain mendapatkan alamat email kita ? Kalau kita belum pernah memberi komentar, alamat email kita aman tidak akan ada yang tahu, kecuali mungkin admin, tapi kalau kita pernah memberi komentar pada tulisan orang lain, komentar tersebut selain tertera pada blog kompasiana ini, juga akan otomatis akan diemailkan pada pemilik tulisan, bukan saja email, ip juga dicantumkan. Sehingga alamat email cah pamulang asli diketahui oleh cah pamulang palsu prosesnya sangat sederhana, tidak usah menjadi hacker terlebih dahulu. Sederhana ? Bagaimana caranya ? Gampang sekali cah pamulang asli membuat tulisan yang kemungkinan tulisan yang bersifat bombastis sehingga cah pamulang asli terpancing memberi komentar, pada saat itulah cah pamulang palsu mendapatkan alamat email cahpamulang asli

Untuk admin kompasiana, untuk emnghindari pemalsuan id yang menurut saya merupakan kejahatan, bagaimana kalau orang yang memberi komentar harus login terlebih dahulu, dan yang tidak login tidak diperkenankan memberikan komentar

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, semoga tulisan saya ini tidak memanaskan komasiana, awas pengecut ada di sekitar kita



Salam Kompasiana


----------------------------------

begitulah kira-kira critanya, bila minat silahkan langsung masuk ke sumbernya disana ya.
salam

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya