"Slumdog Millionaire" Sukses Besar di Ajang Oscar

Link


Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Roman melarat menjadi kaya, "Slumdog Millionaire," menyapu penghargaan Oscar, Minggu malam waktu AS, dengan memenangkan delapan kategori penghargaan termasuk gambar terbaik padahal film ini nyaris gagal diputar.

Diantara anugerah yang diperoleh film ini, sutradara Inggris Danny Boyle dinyatakan sebagai sutradara terbaik karena berhasil memotret yang seringkali buram namun menceritakan kisah penuh harapan mengenai seorang bocah miskin India yang bersaing demi cinta dan uang dalam sebuah pertunjukan televisi.

Sang penulis skenario, Simon Beaufoy, juga memenangkan penghargaan sebagai penulis skenario adaptasi terbaik.

"Slumdog" juga memenangkan Oscar untuk sinematografi terbaik, tata suara terbaik, penyuntingan terbaik, tata musik terbaik untuk komponis A.R. Rahman lewat lagu tema "Jai Ho" yang digubah Rahman dan penulis lirik Gulzar.

Hanya sekitar tujuh film dalam 81 tahun sejarah Oscar yang bisa memenangkan delapan atau lebih Oscar.

Dibuat di daerah kumuh di Mumbai, film ini sempat terlunta-lunta secara finansial setelah ditinggalkan penyandang dana Warner Independent Pictures, bagian dari raksasa film Warner Bros.

Fox Searchlight Pictures akhirnya datang menyelamatkan proyek film ini dan memutarkan film ini dibawah sambutan luas penonton pada November.

"Anda semua telah begitu bermurah hati malam ini dan saya berterimakasih untuk itu," kata Boyle kepada para undangan Academy Award saat menerima Oscar.

Kate Winslet dinobatkan sebagai aktris terbaik untuk perannya sebagai seorang mantan sipir penjara Nazi yang terlibat hubungan dengan seorang remaja dalam "The Reader."

Dia berulangkali menahan tangisnya selama menerima penghargaan Oscar dan mengenang impian semasa kecilnya untuk memenangkan Oscar.

"Saya berbohong jika saya tidak berlatih pidato sebelumnya. Saya kira mungkin sekitar 8 tahun saya berdiri di depan cermin kamar mandi. Piala ini dulu mungkin sebuah botol shampo. Tapi sekarang ini bukan lagi botol shampo," katanya.

Sean Penn, yang dikenal sering memerankan pria keras seperti dalam film "Mystic River," memenangkan Oscar keduanya sebagai aktor terbaik setelah memerankan dengan apik aktivis hak-hak kaum penyuka sesama jenis, Harvey Milk, dalam "Milk."

"Saya tidak mengharapkan hal ini dan saya ingin berterus terang bahwa saya tahu sekali betapa sulit bagi saya membuat anda semua menghargai saya. Saya tersentuh oleh penghargaan ini," kata Sean Penn.

Terjun politik

Penn juga menyampaikan salah satu pidato politiknya dengan meminta orang-orang untuk memikirkan kembali keyakinannya dan mendukung pernikahan sesama jenis.

Peraih penghargaan terbaik lainnya jatuh ke tangan Penelope Cruz yang membuatnya menjadi aktris Spanyol pertama yang memenangkan Oscar dalam peran pendukungnya dalam "Vicky Cristina Barcelona."

Almarhum Heath Ledger dianugeragi sebagai aktor pembantu terbaik karena perannya sebagai tokoh jahat The Joker dalam serial Batman, "The Dark Knight."

Penghargaan untuk Ledger, yang meninggal tahun lalu karena overdosis obat, membuat hadirin serempak berdiri.

Dia menjadi aktor kedua setelah Peter Finch yang memenangkan Oscar setelah meninggal dunia. Oscar untuknya diterima oleh ayahnya Kim Ledger, saudara perempuannya Kate dan ibunya Sally Bell.

"Penghargaan malam ini akan menjadi pengesahan yang rendah hati atas tekad kuatnya yang benar-benar diakui oleh anda semua dan para koleganya dalam industri yang sungguh dia cintai," kata Kim Ledger.

Oscar lainnya digondol Dustin Lance Black yang memenangkan skenario asli terbaik dalam "Milk, sedangkan "Wall-E," yang menceritakan sebuah robot masa depan yang mencari cinta dalam Bumi yang sudah tercemar, menjadi film animasi terbaik.

"The Curious Case of Benjamin Button" dianugerahi dua Oscar untuk tata artistik dan make up terbaik, sementara "The Duchess" meraih penghargaan desain kostum terbaik.

"Man on Wire" yang menceritakan manusia pemanjat gedung yang berani berjalan diantara Menara Kembar New York dinobatkan sebagai film dokumenter terbaik.

Dalam malam anugerah yang penuh kejutan ini, film Jepang "Departures" mengalahkan favorit film buatan Israel "Waltz With Bashir," sebagai film asing terbaik.

Saat seremoni dimulai, pemandu acara Hugh Jackman mengiringkan musik membahana yang kontan mendapat sambutan hangat penonton.

Musik-musik yang mengiringinya termasuk dalam duetnya bersama Hathaway dalam "Frost/Nixon" dan "The Wrestler." Dia kemudian tampil bersama Beyonce, Zac Efron dan Vanessa Hudgens. Diantara aksi lucu yang muncul datang dari Ben Stiller. (*)


Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya