Menara Tertinggi Dunia Dibangun di Kemayoran

Link

Rabu, 11 Februari 2009, 12:06 WIB
Menara Tertinggi Dunia Dibangun di Kemayoran
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
Menara Jakarta (wikipedia)

VIVAnews – Apakah kalian sudah tahu, kalau Kota Jakarta akan memiliki menara tertinggi di dunia ? Rencananya, di ibukota negara kita ini akan dibangun menara setinggi 558 meter. Lokasinya di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Menara itu akan bernama Menara Jakarta. Dan tingginya, mencapai empat kali lipat tinggi Monas.

"Menara ini akan menjadi yang tertinggi di dunia," kata Bapak Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta.

Menurut Bapak Roesdiman, di dalam dunia arsitektur itu ada perbedaan antara menara dan gedung. Menara, pada tingkat tertinggi belum tentu dapat dihuni. Sedangkan di gedung, tingkat tertinggi dapat ditempat. Bisa berupa kantor, hotel, atau pertokoan. Dan, Menara Jakarta adalah gabungan keduanya.

Nah, Menara Jakarta ini akan mengalahkan ketinggian Canadian National Tower di Toronto, Kanada (553 m), Oriental Pearl Tower di Shanghai, China (460 m), dan Kuala Lumpur Tower di Kuala Lumpur, Malaysia (421 m). Saat ini, menara tertinggi di dunia dipegang CN Tower Kanada. Sedangkan rekor bangunan tertinggi dipegang Burj di Dubai setinggi lebih dari 800 meter.

Menara Jakarta ini akan dibuat sebagai menara telekomunikasi dan penyiaran. Selain itu, juga akan menjadi pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi.

Menara tesebut direncanakan akan beroperasi pada 2012 nanti. Dan, menara ini akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti anjungan pengunjung, tempat parkir seluas 144 ribu meter persegi, gedung podium 17 lantai, restoran berputar, mal, kafe, taman hiburan, museum sejarah Indonesia, hotel, ruang pameran, dan pusat multimedia.

• VIVAnews

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya