Dokumen Lengkap Perang Dunia II Hadir di Internet

 clipped from techno.okezone.com

Dokumen Lengkap Perang Dunia II Hadir di Internet


Jum'at, 12 Desember 2008 - 14:00 wib



NEW YORK - Para peneliti sejarah baik awam maupun profesional kini bisa mencari data Perang Dunia II dengan mudah. Kini telah tersedia situs yang menyediakan arsip dokumen sejarah tentang perang tersebut.

Bekerja sama dengan Arsip Nasional Amerika Serikat dan Records Administration, situs Footnote.com menyediakan sajian data sejarah Perang Dunia II. Mereka mengklaim, Footnote.com adalah situs dokumen sejarah terlengkap yang bisa diakses oleh semua orang.

Untuk awalan, situs ini menyediakan sebanyak 9 juta file dokumen yang memuat tentang profil individu veteran perang AS di Perang Dunia II. Data ini sendiri diambil dari catatan pendaftaran tentara, dikombinasikan informasi dari keluarga dan teman-teman terdekat.

Seperti yang diberitakan New York Times, Jumat (12/12/2008), situs ini juga memuat korban-korban dari peristiwa di Pearl Harbor. Saat kejadian pada Desember 1941 itu tercatat sebanyak 1.100 kru tewas. Di Footnote.com, pengunjung bisa mencari nama korban tersebut.

Selain itu,� terdapat juga data-data tentang personel Pearl Harbor, yang hilang mulai dari Angkatan Udara, sampai Angkatan Laut. Itu semua tersaji dalam bentuk kliping berita, dan juga foto-foto sasaran Jepang waktu melancarkan serangannya.

"Kami akan mengawali debut ini, dengan menghadirkan 50 ribu foto eksklusif ke situs," ujar CEO footnote.com Russ Wilding.

"Situs ini mencoba untuk memfasilitasi menangkap dari cerita tentang Perang Dunia II, sebelum mereka hilang selamanya," tandasnya.

"Dengan kehadiran Footnote.com, kami ingin menunjukan data sejarah kepada dunia. Untuk itu, sangat diharapkan oleh Russ Wilding para keluarga korban mau berbagi informasi tentang masa lalu yang kelam tersebut." (srn)
Sent with Clipmarks

Artikel Terkait :



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Referensi lengkap sejarah Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Hanya di AnekaCD.com, terimakasih

Arsipnya