Coklat dan Manfaat Yang Terkandung

 clipped from kabarinews.com
Coklat dan Manfaat Yang Terkandung

Published 12/10/2008 - 9:08 a.m. GMT



Apakah Anda termasuk penggemar coklat? Jika jawabnya iya, Anda termasuk orang yang tepat memilih coklat sebagai cemilan Anda saat santai. Tahukah Anda bahwa coklat memiliki manfaat bagi kesehatan?? Studi telah menunjukan bahwa saat Anda mengkonsumsi coklat ada antioksidan yang terdapat di dalamnya membantu kita membersihkan bahan kimia radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas itu biasanya yang menyebabkan penuaan pada kulit, kanker, katarak, serta penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang mematikan. Bahkan di Negara-negra maju, penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang paling sering ditemui. Berita baiknya coklat pun sangat baik untuk jantung Anda.

Coklat benar-benar bisa membantu??

Pada umumnya coklat terbuat dari produk alami yang terdiri dari 7% sampai 35 % susu, 70% coklat. Di dalam kandungan coklat terdapat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dalam coklat juga mengandung kolesterol tinggi yang dalam kadar banyak dapat mengakibatkan kegemukan. Tapi para pakar menyarankan untuk memperhatikan keuntungan yang terkandung dalam coklat yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh kita, yang tentunya dengan takaran yang tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. 

Selain memiliki efek antioksida, cokelat juga bermanfaat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh, dengan memproduksi lebih banyak sitokin (protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistim imun tubuh).

Namun, mengkonsumsi coklat tetap tidak boleh berlebihan karena dapat merugikan kesehatan, terutama untuk kesehatan gigi. Penderita glaukoma serta kencing manis yang harus membatasi kadar gulanya, juga harus berhati-hati. Karena penelitian manfaat cokelat ini masih sedikit, maka penelitian lebih lanjut sangat diperlukan.

Sent with Clipmarks

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya