Youtube Mampu Menerjemahkan Teks Secara Otomatis

Link


Menonton video di Youtube kini semakin nyaman dan tidak lagi terbatas oleh perbedaan bahasa dengan hadirnya fitur captions/subtitles (Captions untuk teks dalam bahasa yang sama dengan video dan Subtitles untuk teks dalam bahasa yang berbeda dari yang ditampilkan di video). Terkadang kita mendapati beberapa video di Youtube yang sebenarnya menarik, tetapi karena bahasa yang digunakan tidak kita mengerti, sangat sulit bagi kita untuk menangkap apa yang disampaikan melalui video tersebut. Pihak Youtube memahami keluhan tersebut dan sudah beberapa waktu lalu membuat fasilitas bagi pengguna untuk dapat menambahkan file captions/subtitle berekstensi .TXT ke dalam video yang sudah diunggah sebelumnya.

Ternyata hal tersebut belumlah cukup, karena belum tentu teks yang ditampilkan dapat dimengerti semua orang dan akan sangat merepotkan jika kita harus membuat subtitle untuk beragam bahasa. Untuk mempermudahnya Youtube sepertinya memanfaatkan salah satu fasiitas atau layanan yang telah dimiliki Google yaitu Google Translate, memungkinkan YouTube untuk secara otomatis menerjemahkan teks pada captions/subtitle ke dalam banyak bahasa lain dengan kualitas terjemahan yang tidak jauh berbeda seperti saat Anda menggunakan Google Translate.

Jika Anda menemukan video yang sudah ditambahkan dengan captions/ subtitle melalui Youtube (tandanya ikon CC berwarna merah), coba arahkan kursor ke ikon segitiga di pojok kanan bawah jendela video lalu arahkan kursor ke tanda panah di sebelahnya untuk memilih bahasa sesuai yang diunggah oleh pemilik video tersebut. Pilih English supaya lebih mudah untuk diterjemahkan ke dalam bahasa lainnya, baru kemudian Anda bisa mengklik Translate dan akan muncul pilihan terjemah bahasa yang beragam, termasuk bahasa Indonesia.

Di bawah Anda bisa menyaksikan contoh penggunaan dan pembuatan file captions/subtitle dan juga langkah-langkah memasukkannya ke dalam video di Youtube dengan lebih jelas. (Blogoscoped)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya