Polisi ngeblog anonim ketahuan!

Source : BlogBerita.net

ngeblog anonim Polisi ngeblog anonim ketahuanSeorang polisi yang ngeblog secara anonim di blog gratisan wordpress.com, mengkritik kebijakan politik dan masalah internal kepolisian, akhirnya terbongkar identitasnya. Hakim pengadilan mengatakan, blogging lebih sebagai aktivitas publik ketimbang kegiatan privasi, dan di masa mendatang sangat mungkin anonimitas tidak akan lagi dilindungi hukum.

Berita polisi-blogger anonim ini ramai diwartakan media internasional Juni lalu, antara lain BBC News. Sang blogger memakai nama samaran sebagai Night Jack. Dia ngeblog secara anonim di wordpress.com tapi kini situsnya itu telah ditutup.

Atas perintah Pengadilan Tinggi, aparat penyidik melacak siapa Night Jack, dan akhirnya terungkap bahwa dia seorang polisi Inggris. Lembaga kepolisian Inggris menyalahkan dia telah melanggar disiplin sebagai petugas negara karena menulis isu-isu kontroversial seputar politik dan keamanan.

BBC News menulis: Mungkin ngeblog anonim tidak akan dibela/dilindungi oleh pengadilan di masa mendatang.

Beberapa blogger kondang luar negeri yang mengulas kasus blogger anonim ini beropini: Terbukti bahwa anonimitas tidak bisa bertahan selamanya di Internet.

Saran Blog Berita bila ingin ngeblog anonim

  • Lakukan ngeblog secara anonim hanya bila kondisimu mengharuskan demikian. Misalnya kau ingin membongkar kasus korupsi di kantormu tapi kau tidak ingin dipecat gara-gara tulisan itu. Atau misalnya kau memotret polantas memeras sopir angkot, atau merekam video guru memukuli siswa sampai pingsan, dan kau ingin menerbitkannya di weblog agar diketahui publik; seperti dilakukan banyak warga Iran dalam kasus demo berdarah bulan lalu.
  • Ngeblog anonim karena tidak pe-de atau mau bikin kejutan. Silakan bikin blog secara anonim kalau misalnya kau tidak percaya diri. Contohnya kau ingin menuliskan isi hatimu pada seseorang yang kaucintai tapi kau tidak ingin diatahu. Atau ngeblog anonim hanya sekadar untuk bercanda, gaya, dan membuat kejutan pada pembacamu karena suatu saat kau berencana akan membuka siapa dirimu sesungguhnya — ngeblog anonim yang begini tentu sangat menarik.
  • Meskipun anonim, tetap hati-hati. Bila kau ingin mengkritik pihak lain — apakah temanmu, pejabat pemerintah, atau perusahaan swasta — sebisa mungkin jangan menuding langsung identitas mereka, kecuali kau memegang cukup bukti yang bisa membantumu seandainya identitasmu terbongkar dan kau diperkarakan ke meja hijau [baca artikel Iblis Google dan anjing Internet].
  • Jangan ngeblog anonim semata-mata untuk menjelek-jelekkan pihak lain. Termasuk untuk memaki-maki agama, jangan pernah lakukan ini, karena hukumannya sangat berat bila kelak belangmu tersingkap. Apalagi Indonesia sudah memiliki Undang-Undang Nomor 11 yang bisa dipakai untuk menjerat penjahat dunia maya.

Silakan anonim tapi jangan illegal blogging

Situs anonim pada umumnya tidak disukai orang, kecuali isinya memang bermutu dan menarik. Namun kalau postingannya hanya berisi fitnah terhadap pihak lain, biasanya pengunjung tidak akan betah membaca situs tersebut. Pengakses Internet ketika pertama kali membuka sebuah situs mungkin akan mencari tautan "About" atau "Tentang Kami" untuk mengenal lebih jauh situs apaan ini dan siapa yang mengelola; dan dari situlah kemudian dia memutuskan apakah akan menjadikan situs tersebut sebagai bacaan rutinnya atau cuma sekadar lewat sekali itu saja.

Lagipula ngeblog anonim — dengan catatan konten blognya melanggar hukum seperti memfitnah, menyerang privasi orang lain, memaki-maki agama, dll — pastilah membuat si blogger selalu dikejar rasa takut. Percayalah, orang-orang yang bersembunyi di balik topeng akan selalu dihantui ketakutan.

Yakinlah pada "hukum alam semesta":

Cepat atau lambat, kejahatan akan terungkap.

Aku juga percaya pada "hukum polisi":

Penjahat yang pintar sekali pun pasti meninggalkan jejak.

Kasus polisi Inggris di atas adalah bukti nyata. Jadikan itu pelajaran, dan mulai saat ini hindari ngeblog anonim bila cuma untuk berbuat kejahatan. Intinya: silakan anonim tapi jangan lakukan illegal blogging. [Oleh Jarar Siahaan di Kabupaten Tobasa, Sumut.]

---------------------------------

Notes : 

Penting nih, bagi yang biasa ngeblog  sableng hentikan segera!

Kalau nggak tak gendong kamu, enak to, asik to,,... whaha.awahaha.haha (mbah Surip mode on)

:)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya