Kiprah Jackson di Layar Lebar

Kiprah Jackson di Layar Lebar


28/06/2009 17:24
Liputan6.com, Los Angeles: Selain mewariskan lagu-lagu yang mendunia, Michael Jackson juga pernah berakting di film layar lebar dan video musik. Film pertama yang dibintangi Jackson adalah The Wiz, pada 1978, yaitu sebuah film yang dibuat ulang dari kisah The Wonderful Wizard of Oz. Di sini Jackson berperan sebagai Scarecrow. Ia mendampingi Diana Ross yang berperan sebagai Dorothy dan Richard Pryor sebagai The Wiz.

Jackson belajar dari video-video tentang rusa, cheetah, dan panther, supaya gerakan-gerakannya sesuai dengan peran yang ia mainkan. Jackson juga rela duduk selama lima jam untuk di-make up dan syuting enam hari dalam sepekan. Respon atas akting Jackson di The Wiz menggembirakan. Kritikus film menyebut Jackson memiliki "bakat akting yang wajar".

Selanjutnya pada 1983, Jackson membintangi Thriller. Ini merupakan video musik sepanjang 14 menit yang disutradarai John Landis. Landis pernah menggarap film American Werewolf. Dalam video berupa film pendek bergaya horor ini Jackson berperan sebagai mayat hidup atau zombie. Lawan mainnya adalah model Playboy, Ola Ray. Koreografer Michael Peters dan penata rias Rick Baker turut membantu pembuatan film ini. Sisipan kalimat yang diucapkan bintang film horor Vincent Price tak ketinggalan tampil dalam video. Rekor Dunia Guinness pada 2006 menobatkan Thriller sebagai video musik tersukses yang terjual sembilan juta unit.

Pada 1986, Jackson membintangi film Captain EO yang disutradarai Francis Ford Coppola. Penyanyi ini bermain sebagai komandan luar angkasa yang berperang melawan seorang ratu kejam yang diperankan Anjelica Huston. Film format tiga dimensi ini berdurasi 17 menit dan menelan biaya 30 juta dolar Amerika Serikat untuk pembuatannya. Selama 10 tahun, film ini rutin diputar di Disneyland Magic Eye Theatre.  

Jackson kembali membuat video klip dengan durasi panjang lewat lagu Bad pada 1987. Video musik ala film pendek selama 18 menit ini ditulis oleh Richard Price dan digarap sutradara kenamaan Martin Scorsese.

Dirilis 1988, Moonwalker menggambarkan perjalanan musikal Michael Jackson. Dengan biaya 27 juta dolar AS, film sepanjang 84 menit ini merupakan perpaduan kompilasi klip dan otobiografi musikal. Film ini disutradarai Jerry Kramer dan Colin Chilvers. Sejumlah artis seperti Joe Pesci, Sean Lennon, Kellie Parker, dan Brandon Adams turut membintanginya. Moonwalker adalah kisah pertarungan antara kebaikan melawan kejahatan. Kisah ini diiringi lagu-lagu, tarian, animasi, dan efek khusus yang sangat canggih pada masa itu.

Film Jackson selanjutnya adalah Ghosts. Ghosts memecahkan rekor dunia sebagai video musik terpanjang yang pernah dibuat. Video sepanjang 38 menit ini dirilis pada 1996. Jackson menulis film ini bersama penulis kisah horor Stephen King. Film ini disutradarai oleh pemenang Oscar, Stan Winston. Winston adalah pencipta makhluk-makhluk dalam film The Terminator, Aliens, dan Jurassic Park. Video ini menampilkan efek khusus terbaru, tata rias, dan gerakan dance yang menjadi fenomena.

Terakhir, Jackson muncul sebagai cameo di dua film cerita. Pertama pada 2002, Jackson tampil di film Men in Black II sebagai Agen M. Selanjutnya dalam Miss Cast Away sebagai Agen MJ, parodi perannya di Men in Black II.(dari berbagai sumber/LUC)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya