Blogger Penulis Hoax Teh Botol Sosro Dipidanakan

Blogger Penulis Hoax Teh Botol Sosro Dipidanakan

Teh Sosro Tersandung Hoax
Media Indonesia |Selasa,30 Juni 2009|

Teh Botol Sosro

JAKARTA–MI: Produsen air minum teh dalam kemasan PT Sinar Sosro tercemarkan nama baiknya oleh hoax (berita bohong) yang tersebar melalui blog dan email di dunia maya. Pihak perusahaan akhirnya melaporkan kasus tersebut ke Polda Metro Jaya (PMJ).

Pihak perusahaan baru mengetahui adanya hoax yang beredar secara luas pada 5 Mei 2008. Dalam hoax tersebut disebutkan bahwa air minum teh Sosro mengandung zat yang disebut hydroksilik acid dan telah merenggut korban jiwa.

Padahal zat itu (hydroksilik acid) adalah nama lain dari senyawa air, ” kata staf marketing PT Sinar Sosro, Alex Rumondor di Mapolda Metro Jaya, Selasa (30/6).

Setelah diketahui adanya hoax yang beredar luas, kata Alex, pihak perusahaan kemudian melakukan penelusuran untuk mencari asal muasal hoax tersebut.

Akhirnya didapati berita palsu itu pertama kali dimuat di laman hariadhi.wordpress.com.

Sekitar tanggal 6 Juni penulis mengakui di dalam blog-nya bahwa dia lah yang menyebarkan hoax itu, ” tutur Alex. Menurut pengakuan si penulis, Hariyadhi, 25, hoax itu ditulisnya sebagai bahan diskusi untuk kasus efek pemasaran di sebuah forum milis.

Dikatakan Alex, akibat hoax yang ditulis oleh Hariyadhi, penjualan teh Sosro sempat terganggu. “Ada beberapa pelanggan perusahaan besar yang mempertanyakan kebenaran tulisan itu. Bahkan ada yang sampai menghentikan pemesanan, ” ungkapnya.

Pada 19 Juni lalu, perusahaan yang mempekerjakan 10 ribu karyawan itu melaporkan Hariyadhi ke Polda Metro Jaya. Mahasiswa tingkat akhir di Institut Kesenian Jakarta itu diduga telah melakukan pencemaran nama baik.

Hari ini Hariyadhi sedang diproses dan masih di BAP. Sejauh ini dia sangat kooperatif dan mengaku telah membuat kesalahan, ” beber Alex.

Bahkan, Hariyadhi juga telah memuat pernyataan permintaan maaf di blog-nya. Penanganan kasus itu kini tengah dalam proses di Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Metro Jaya.

Kendati demikian, pihak Sinar Sosro membuka segala kemungkinan untuk berdamai dengan Hariyadi, “Sederhana saja. Asal ada permintaan maaf dan ada penyesalan” tandas Alex. Dia berharap agar orang-orang yang tidak mengerti tentang hoax bisa menghindarinya karena efek yg terjadi bisa sangat besar. (MA/OL-03)

Sebagai tambahan, inilah bantahan dari Manajemen Teh Botol Sosro terhadap Hoax (Berita Bohong) tersebut :

Klarifikasi Tehbotol Sosro Mengenai HOAX Hydroxilic Acid

Bapak/Ibu/Yth

Sehubungan dengan beredarnya isu mengenai produk kami Tehbotol Sosro mengandung zat berbahaya yang disebut Hydroxilic acid, yang Bapak/Ibu terima melalui email, maka perlu kami sampaikan bahwa isu dalam email tersebut adalah TIDAK BENAR.

Semua informasi HOAX (Tipuan yang menyebar lewat Internet) mengenai Hydroxilic acid atau Dihydrogen Monoxide dapat kita periksa di Wikipedia.org melalui http://en.wikipedia.org/wiki/Dihydrogen_monoxide_hoax

Situs ensiklopedi terkemuka dan terpercaya di dunia maya tersebut menjelaskan bahwa Hydroxylic acid atau disebut juga Dihydrogen Monoxide adalah nama ilmiah AIR (water = H20). Jadi, kita tidak perlu bereaksi berlebihan, karena semua makanan dan terutama minuman pasti mengandung air.

Munculnya HOAX Tehbotol Sosro ini berawal dari diskusi tertutup di milis periklanan Indonesia CCI (Creative Circle Indonesia) pada akhir April 2009 tentang komunikasi menggunakan negative approach dengan contoh kasus Tehbotol Sosro. Hal ini diakui oleh pencetusnya, yang ditulis di blog beralamat http://hariadhi.wordpress.com/ dengan judul Hydroxylic Acid: Hoax Teh Botol Sosro (Kamis, 7 Mei 2009).

Diskusi tertutup tersebut kemudian disalahgunakan pihak-pihak tertentu, dengan memelintir isinya seolah-olah Tehbotol Sosro mengandung zat berbahaya Hydroxylic acid dan menyebarkan melalui email dan milis lain.

Kami merasa telah terjadi rekayasa yang mendiskreditkan Tehbotol Sosro secara tidak bertanggungjawab. Tehbotol Sosro sudah lebih dari 35 tahun melayani pasar Indonesia dan dikonsumsi oleh jutaan masyarakat Indonesia setiap hari dan sampai saat ini masih menjadi pilihan utama konsumen. Tehbotol Sosro adalah produk unggulan Nasional yang hanya berisi Teh pilihan, Gula pasir, dan Air.

Semoga penjelasan ini dapat menghilangkan keraguan Bapak/Ibu dalam mengkonsumsi Tehbotol Sosro.

Salam,
Manajemen PT. Sinar Sosro

---------------------------------
Notes :
Hati-hati kalau ngeblog jangan asal njeplak!
:(

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya