Ada Disain Baru Situ Sasak Tinggi Pamulang,Tapi Tahun Depan Baru Aman

Republika Online

Ada Disain Baru Situ Sasak Tinggi Pamulang,Tapi Tahun Depan Baru  Aman

REPUBLIKA.CO.ID,Pekan lalu, Situ Sasak Tinggi di Tangerang selatan, tidak dapat lagi menampung air hujan yang tak henti-hentinya mengguyur Jakarta. Alhasil, air Situ Sasak Tinggi meluap dan mengakibatkan banjir.

Bahkan hingga pagi tadi, kendaraan berat dilarang melintas Situ Sasak Tinggi Pamulang. Polsek Pamulang menempatkan petugas di bundaran Pamulang dengan dilengkapi petunjuk dilarang melintas karena Danau Rusak. Untuk mencegah kerusakan lebih parah -- kendati telah menempatkan 2000 karung pasir di pinggir situ warga Pamulang yang hendak melintas Situ Sasak Tinggi diarahkan melalui perempatan Gaplek.

Menurut pakar delta Jan Jaap Brinkman, kepala proyek Deltares di Jakarta, cuaca belakangan ini agak aneh karena hujan terus menerus, padahal musim hujan belum mulai. Jalan keluar air Situ Sasak Tinggi terlalu sempit, mengakibatkan ketinggian air di danau naik pesat dan menimbulkan kebocoran di dinding-dinding danau.

Brinkman mengatakan, pemerintah berhasil mencegah terjadinya kebocoran yang lebih gawat. Sementara itu sejak akhir pekan lalu, tim pemantau ditempatkan di sana untuk mengawasi keadaan Situ Sasak Tinggi. Sejak Sabtu lalu tekanan terhadap dinding danau itu sudah sangat berkurang.

Cuaca Aneh
Namun cuaca di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya agak aneh. Hujan tak henti-hentinya mengguyur Jakarta, padahal musim hujan belum mulai. Brinkman menambahkan, banjir di Tangerang selatan pekan lalu memang luar biasa, karena terjadi di musim kemarau.

Situ Sasak Tinggi yang dibangun 60-80 tahun lalu, masuk dalam daftar danau-danau di seluruh Indonesia yang kondisinya harus secepat mungkin diperbaiki untuk mencegah bencana banjir dahsyat.

"Sejak tahun lalu pemerintah sibuk menyusun desain baru untuk danau Situ Sasak Tinggi dan rencana baru itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Jadi tahun depan kondisi Situ Sasak Tinggi bakal aman, "kata Brinkman.

Disain baru itu memperbesar jalan keluar air danau. Namun itu bukan satu-satuntya penyelesaian masalah, dinding-dinding dan tanggul-tanggul di sekitar danau akan diperbaiki dan diperkuat.

Artikel Terkait :



Arsipnya