2010 Ancaman di Facebook Kian Dahsyat

INILAH.COM




INILAH.COM, Jakarta - Tahun 2010 akan menjadi tahun di mana ancaman keamanan pada pengguna jejaring sosial dan situs media semacam Facebook dan Twitter meningkat.
Pengguna aplikasi iPhone pun menjadi salah satu incaran terbesar pencuri informasi dan data internet dengan cara phising.
“Dengan pencapaian jumlah pengguna Facebook lebih dari 350 juta, kami perkirakan di tahun 2010 tren ini justru akan menjadi lebih besar,” ujar McAfee dalam Laporan Prediksi Ancaman 2010.
“Pembuat malware sangat suka mengikuti perkembangan jejaring sosial. Hal ini akan terus berlanjut di tahun 2010,” ujar McAfee.
Laporan itu mengingatkan Google dan penyedia layanan lainnya akan terjadi serangan mesin pencari. Twitter dan situs jejaring sosial lainnya pun akan terjadi eskalasi.
Twitter adalah salah satu penyedia yang paling besar potensinya mendapat serangan lewat URL dengan menggunakan bit.ly atau tinyurl.com.
“Trik seperti ini akan masih dominan di tahun 2010, karena pengguna berpikir itu hal normal,” ujar laporan yang ditulis oleh Dmitri Alperovitch, Toralv Dirro, Paula Greve, Rahul Kashyap, David Marcus, Sam Masiello, Franois Paget, dan Craig Schmugar dari McAfee Labs.
“Seiring dengan pengembangan layanan Web 2.0, kami memperkirakan akan lebih banyak agenda tersembunyi dalam aktivitas mengambil informasi dan data,” jelas McAfee.
Fenomena sukses iPhone Apple juga dikendalikan sebagian besar oleh berbagai variasi aplikasi yang ada di dalamnya.
Tapi toko aplikasi aktif Apple yang akhir-akhir ini mencapai 100 ribu adalah salah satu celah yang bisa dimanfaatkan oleh para peretas atau pencuri data.[ito]

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya