Jangan Lewatkan Gerhana Matahari Besok

VIVANEWS



VIVAnews - Fenomena gerhana matahari akan menjadi peristiwa langit pertama di tahun 2010.

Gerhana matahari akan terjadi pada Jum'at, 15 Januari 15.03 sampai dengan 15.37 WIB.

Seperti dimuat laman Muhammadiyah, saat itu akan terjadi peristiwa konjungsi, yaitu ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus di mana Bulan berada di tengah-tengah, sehingga Bulan menutupi sinar Matahari ke arah Bumi.

Gerhana hari Jumat besok merupakan gerhana anular atau gerhana matahari cincin. Gerhana matahari cincin terjadi saat Bulan berada jauh dari bumi sehingga piringannya terlihat kecil dan tidak dapat menutupi seluruh piringan matahari.

Piringan matahari yang tertutup oleh piringan Bulan hanya bagian tengahnya saja, sehingga bagian pinggir matahari tidak tertutup. Oleh karena itu piringan matahari akan terlihat dari muka bumi seperti lingkaran cincin yang bercahaya.

Muhammadiyah, mengajak segenap umat Islam untuk melaksanakan salah satu amalan sunah, yaitu salat gerhana matahari.

Namun, tak seluruh wilayah di Indonesia akan mengalami gerhana.

Semua kawasan di pulau Sumatera dan Kalimantan akan mengalami gerhana, sementara di pulau Jawa, sebagian besar kawasan Jawa Timur tidak mengalaminya.

Demikian pula halnya di pulau Sulawesi, hanya sebagian wilayah di bagian utara pulau saja yang mengalami. Bahkan, di kawasan timur Indonesia Bali, Nusa Tenggara, dan seterusnya ke timur sama sekali tidak mengalami gerhana ini.

Seperti dimuat laman Space.com, gerhana yang akan terjadi berdurasi 11 menit 8 detik. Menurut ilmuwan NASA, ini durasi yang sangat lama, terlama sepanjang milenium. Durasi ini tak akan terulang lagi hingga 3043.

Lihat jadwal terjadinya gerhana di wilayah Indonesia.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya