Sumbangan untuk Wikipedia Tembus Rp6 Miliar

Sumbangan untuk Wikipedia Tembus Rp6 Miliar

Jum'at, 7 November 2008 - 07:15 wib

NEW YORK - Saat ini semua orang pasti setuju ensiklopedia elektronik yang paling terkemuka adalah wikipedia. Situs yang dibuat dalam berbagai bahasa ini telah menolong jutaan manusia dalam mencari segala informasi yang ingin didapatnya. Situs ini pun tidak dibuat untuk komersial, namun untuk keberlangsungannya wikipedia mencoba menjalankan situs dengan mencari sumbangan dari para donator.

Seiring dengan populernya wikipedia, situs ini pun mendapatkan bantuan yang cukup signifikan dari para penyumbangnya. Para relawan yang tergabung dalam wikimedia foundation, berhasil merengkuh dana yang sangat fantatastis yaitu USD6 juta atau sekira Rp6 miliar.

"Pencapaian ini sangat luar biasa, mengingat perjalanan kami yang sudah menginjak usia 8 tahun," tutur Executive Director Wikimedia Foundation, Sue Gardner, seperti yang dikutip Reuters, Jumat (7/11/2008).

Wikipedia sendiri salah satu situs terpopuler. Situs ini pertama kali berdiri pada 15 Januari tahun 2000 lalu, dan mereka menjalankan ensiklopedia tanpa bantuan pihak mana pun, mereka hanya mencari bantuan melalui baner yang dipasang.

"Total dana yang mencapai USD6 juta tersebut, USD1 juta berasal dari Alfred P Sloan Foundation," tambah Gardner lagi.

Mereka pun berharap akan terus memberikan informasi yang positif kepada pembacanya, agar bisa menambah wawasan pengguna internet. Dan para relawan optimis, dapat berjalan dengan bantuan donator sehingga wikipedia tidak menjurus ke arah komersialisme. (srn)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya