Ozon Antartika Membesar hingga 5x Lipat

Ozon Antartika Membesar hingga 5x Lipat

NEW YORK - Semua orang di dunia seharusnya serius menyadari efek yang ditimbulkan dari pemanasan global, yang mungkin saja akan makin terasa dalam waktu dekat. Hal tersebut diingatkan oleh NASA yang melaporkan bahwa lubang ozon di Antartika akan menjadi lima kali lebih besar pada tahun ini.

Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut mencatat, lubang ozon di langit antartika telah menganga hingga 10,5 juta mil. Lebih besar pada tahun lalu yang mencapai 9,5 juta mil atau sebesar daratan di Amerika Utara. NASA sendiri mengaku bahwa mereka telah melakukan pengamatan ini sejak 30 tahun terakhir.

"Meskipun masih belum dalam tahap mengkhawatirkan, ini jelas akan membahayakan manusia nantinya," ujar Paul Newman ilmuwan NASA, seperti yang dilansir CNN, Jumat (7/11/2008).

Ozon ini terdapat pada lapisan stratosphere yang mampu menangkal sinar ultraviolet yang membahayakan dari angkasa. Lubang ozon terbentuk dari gas yang terus dibuat oleh manusia. Lubang ozon biasa terlihat pada Agustus dan makin membesar pada September atau Oktober, sebelum akhirnya menghilang.

Seperti diketahui sebelumnya, penipisan ozon ini ditengarai karena perubahan iklim yang sangat ekstrim, yang terjadi karena pengaruh industri global yang menghasilkan polusi tingkat tinggi. Belum lagi industri rumah tangga yang menggunakan bahan chlorofluorocarbons, atau CFC pada peralatannya.

Saat ini selain mengancam kehidupan manusia, penipisan ini juga akan merusak populasi beruang kutub di antartika, tipisnya lapisan es dan panas yang berlebih membuat kehidupan beruang kutub dapat terancam. (srn)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya