Plat Kendaraan Berseri 1234, Nomor Unik Harga Fantastik

Kaum kaya raya Hong Kong mungkin saja terimbas resesi global, tapi satu plat nomor kendaraan yang prestisius masih bisa laku lebih dari 46 ribu dolar AS (sekitar Rp460 juta).

Sebagaimana dilaporkan DPA awal pekan ini, plat nomor 1234 terjual seharga 360 ribu dolar Hong Kong (46.445 dolar AS) dalam lelang yang diselenggarakan pemerintah terhadap 280 plat nomor unik. Hasil yang terkumpul adalah 345 ribu dolar AS.

Sebanyak 30 dari plat-plat nomor yang ditawarkan itu tidak mencapai harga pembukaan. Hal itu adalah pertanda bahwa kelesuan ekonomi mulai berdampak pada salah satu kota terkaya se-dunia itu.

Saham-saham Hong Kong adalah salah satu yang paling anjlok dalam krisis sekarang. Hang Seng Index jatuh hingga lebih dari 25 persen dari nilainya dalam enam pekan terakhir.

Aktor laga Jackie Chan pada tahun 2006 merogoh kocek hingga 1,5 juta dolar (Rp 15 miliar) untuk mendapatkan plat nomor 123.

Nomor tersebut sesuai tanggal ulang tahun istri dan anaknya, masing-masing 23 Januari dan 3 Desember.

Pada tahun itu, plat bernomor I LOVE U di Hong Kong terlelang dengan harga 180 ribu dolar AS dan mengalahkan harga untuk HANDSOME, BABYFACE dan MR DVD.

Pemerintah teritori Hong Kong setiap tahun melelang nomor-nomor "unik" untuk mengumpulkan uang yang akan disumbangkan untuk kaum miskin.

Plat nomor yang mungkin termahal di dunia adalah "1" yang terlelang dalam suatu acara amal di Abu Dhabi, Arab Saudi tahun ini dengan harga 24 juta dolar AS (lebih dari Rp24 miliar). Pembelinya adalah pengusaha properti terkemuka di Abu Dhabi. [ant/ais]
clipped from www.rileks.com

Plat Kendaraan Berseri 1234, Nomor Unik Harga Fantastik

foto : ilustrasi (farm3.static.flickr.com)
 blog it

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya