Google+ Rival Baru Facebook

TEMPO Interaktif, Raksasa internet, Google, meluncurkan situs jejaring sosial baru bernama Google+ (Google Plus). Situs ini disebut-sebut sebagai rival raja situs jejaring sosial Facebook.

foto


Sebelumnya, Google beberapa kali sudah mencoba menantang Facebook dengan membuat Google Buzz, Orkut, dan Google Wave. Namun, situs jejaring sosial buatan Google itu gagal meraih sukses. Kini Google menantang Facebook lagi dengan Google+.

"Kami ingin memperbaiki pengalaman berbagi di Internet sebelumnya," kata engineer senior Google, Vic Gundotra, seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu 29 Juni 2011.

Situs jejaring sosial ini mirip dengan Facebook. Para penggunanya bisa menulis status, mengunggah foto dan tautan, seperti yang biasa dilakukan di Facebook. Bedanya, menurut Gundotra, Google+ bisa memisahkan anggota di jejaringnya dengan kelompok-kelompok. Misalnya, kelompok kerja dan kelompok rekan kerja.

"Sebab tidak semua hubungan kita sama. Seperti hubungan kita dengan bos pasti berbeda dengan hubungan kita dengan orang tua kita," katanya. Gundotra menjelaskan, Facebook banyak dikritik soal kelompok-kelompok itu. Banyak status pengguna yang tak ingin dilihat oleh seseorang di jaringannya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Google memecahkannya dengan membuat Google+ yang memudahkan pengguna memisahkan anggota di jaringannya dalam kelompok berbeda sesuai kepentingan masing-masing.

Peluncuran Google+ ini menjadi pertaruhan Google untuk masuk ke pertarungan jejaring sosial. New York Times menulis Google+ sepertinya terlambat masuk ke kancah ini.


Menurut datacomScore, pada Mei tahun ini, sebanyak 180 juta orang mengunjungi situs Google termasuk YouTube. Angka ini memang lebih kecil dari Facebook yang dikunjungi 157,2 juta orang. Namun, para Facebooker rata-rata menghabiskan w
aktu 375 menit. Adapun pengunjung Google hanya menghabiskan waktu 231 menit. 


Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya