Akuisisi Beluga, Facebook Bisa Membunuh Layanan SMS



Situs jejaring sosial terbesar Facebook terus memperkuat "armada perangnya". Pekan lalu, situs yang dibuat Mark Zuckerberg itu mengakuisisi Beluga, sebuah perusahaan internet yang menyediakan aplikasi layanan mobile messaging.

Dengan akuisisi ini pengguna facebook kemungkinan besar dalam waktu dekat bisa saling mengirim pesan singkat dan cepat dengan harga jauh lebih murah ketimbang mengirim pesan singkat melalui operator telepon. Layanan pesan singkat atau Short Messaging Service (SMS) yang disediakan operator telepon pun terancam semakin tak laku.

"Akuisisi ini menegaskan secara eksplisit Facebook bersaing dengan perusahaan telekomunikasi," kata Craig Moffett, analis dari lembaga penelitian Sanford C. Bernstein. Bukan rahasia lagi, harga pesan singkat yang dijual operator lebih mahal daripada harga menggunakan internet melalui telepon pintar.

Dalam pernyataannya, Beluga dan Facebook akan bekerja sama dalam sebuah bentuk baru. "Kami ingin memberikan pengalaman baru berkomunikasi dan berbagi," kata Beluga di dalam situsnya. "Kami senang, bisa mengembangkan visi kami sebagai kelompok yang menyediakan mobile messaging sebagai bagian dari Facebook."

Beluga selama ini menyediakan aplikasi gratis bagi telepon pintar berbasis andoroid dan iOS. Aplikasi ini bisa memberikan pesan kepada sesama pengguna, membagi foto dan bertukar kabar terbaru.

Beluga adalah bayi dari para bekas eksekutif Google. Kepala Eksekutif Beluga, Ben Davenport salah satu otak dari Google Adsense, Lucy Wang bekerja di Google AdWords, Google News dan Google Docs, sedangkan Jonathan Perlow adalah staf senior di Google yang mengurusi Gmail, Gmail Chat dan Mail Googles.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar: