Saran Buat JPTS : Real Count via Facebook, Manfaatkan Fasilitas Upload Via Email, Hasilnya Tertayang Langsung di Wall JPTS

Pilkada Ulang besok 27 Feb 2011 adalah momen yang dinanti semua pihak, baik yang terlibat langsung maupun sekedar pantau. Untuk itu sudah selayaknya bila JPTS pun berpartisipasi melakukan pemantauan secara independen dengan memanfaatkan jaringan relawan yang dimiliki yang bersedia berkolaborasi membuat semacam Real Count bayangan dengan memanfaatkan fasilitas Facebook yang ada.

Bila ada 2 (dua) Surveyor yang akan melakukan Quick Count kelak, tentu tak ada salahnya bila JPTS cs melakukan hal yang sama dengan cara-cara yang sederhana dan dapat diakses oleh semua pihak.
Langsung ke topik bahasan :
1. Akifkan fasilitas "upload via email" untuk akun Facebook anda melalui Setting Akun berikut :

2. Pilih Panel "Mobile" lanjutkan ke "Go To Facebook Mobile" dipojok kanan

3. Setelah anda akan mendapatkan alamat email akun Facebook anda, catat baik-baik dan jangan disebar ke publik, kecuali untuk petugas input data yang dipercaya

4. Siapkan draft untuk pengiriman data melalui email personal relawan input data anda, sebanyak TPS yang ada, yang dikelompokkan berdasar eEcamatan dan Kelurahan, dengan Fromat sederhana, contoh :
.

Kec. Pamulang, Kel. Benda Baru, TPS XX : A. (kosongin) B. (Kosongin) C. (Kosongin) D. (Kosongin) E. (Kosongin) F. (Kosongin)
.

A s/d D = suara sah, E = suara Rusak, F = Total Surat Suara
Pada contoh dibawah saya hanya buat A-D saja
5. Susun semua dalam draft email anda untuk siap edit begitu data masuk dan segera kirim ke alamat Email Akun Facebook anda.
6. Begitu input data selesai segera kirim ke alamat akun Facebook anda maka dalam sekian detik data tersebut akan tampil di Wall Anda. Pastikan Wall anda set Read Only, artinya kontak anda tidak dapat melakukan posting ke Wall anda kecuali reply saja. Seting ini penting agar kiriman Real Count tersebut tidak tertiban/ditiban oleh komentar orang lain, namun mereka masih dapat memberikan respon terhadap data yang masuk utamanya untuk koreksi bila diperlukan.
Gambar berikut ilustrasi Tampilan Real Count versi Wall yang didapat, dimana visitor masih dapat merespons postingan tersebut.
Catatan :
  1. Email Personal adalah Email Para Relawan
  2. Email Akun Facebook adalah alamat tujuan pengiriman data Facebook melalui email personal para relawan (email ini jangan disebar ke publik)
  3. Setting Wall agar publik sementara tidak dapat melakukan posting pada hari H atau H-1 untuk melakukan Simulasi dapat dilihat digambar berikut
Demikian Saran dan Harapan yang dapat saya sampaikan kepada JPTS cs, semoga anda semua masih mampu bergerak dan mengambil Kans dari Tutorial singkat ini. Perihal pembagian kolekting data, tentunya JPTS dapat mengukur kondisi internal nya sendiri. Apakah data diinput per Kecamatan, atau per-Kelurahan disesuaikan saja dengan kemampuan yang ada.

Tiga hari untuk koordinasi mengani hal ini rasanya cukup, bila JPTS cs, berkonsentrasi untuk menggalang semua relawannya, JPTS dapat pula memanfaatkan kontak akun JPTS yang dapat dipercaya untuk menjadi bagian dari input-er tersebut.

Salam
:)
cahPamulang, jelang dini hari
(lagi nggak ditempat tapi tetep semangat menyambut Pilkada Ulang kelak)
24 Feb 2011


Saran Buat JPTS : Real Count via Facebook, Manfaatkan Fasilitas Upload Via Email, Hasilnya Tertayang Langsung di Wall JPTS

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar: