ALIF TV : Televisi Islami Indonesia

Alif TV, Televisi Islami.

KPI Beri Apresiasi pada Alif TV

KPI Beri Apresiasi pada Alif TV

Bagus kalau ada yang mau meng-investasikan duitnya untuk mendirikan Stasiun semacam itu, semoga saja nantinya tidak perlu berbayar, sehingga jangkauannya dapat lebih luas.

Dilaunching 20 Oktober 2010 kemarin, banyak harapan yang ingin dicapai. Namun "aneh"-nya kok nggak banyak Media Tanah air yang meliputnya. Dari hasil Googling pun hanya beberapa yang menuliskannya, kebanyakan mengutip dari Republika.

Apa karena Alif TV siaran berbayar, sehingga mungkin dirasa gaungnya terbatas? Namun dengan dihadiri 3 (tiga) Menteri mestinya nilai jual beritanya layak tayang.
Jangankan Media Komersiil, lha wong Googling Postingan Blogger saja dapat datanya ya minim.
Entah kalau habis posting Topik ini, semoga saja dapat menambah agregat si Google (eh bener nggak istilah ini).

Oke kini langsung baca saja beberapa artikel yang barusan terhimpun dimalam yang Hujan, Dingin namun Brisik karena si bocah lagi nonton acara TV the Promotornya si Senator Eko Patrio.

Enjoy ,..

Berikut liputan terkait mengenai Alif TV tersebut :

------------------------------------------------

Dari Blognya Juvendro : http://juvendro.blogspot.com

Sumber 1:
http://www.pramborsfm.com

Satu Lagi Stasiun TV Baru "Alif Tv"
Friday, 13 August 2010 20:40

Mahaka Media, sebuah brand dari PT. Mahaka Media Tbk., yang awalnya adalah PT. Abdi Bangsa Tbk. telah membuat satu stasiun TV baru yang memiliki genre Islami, dengan tujuan bisa menghadirkan media positif yang dapat membangun moral masyarakat. AlifTV telah menggandeng Telkomvision sebagai mitra karena mereka punya potensi untuk membawa nama Telkom dan juga mempunyai penetrasi pasar yang cukup luas.

Adrian Syarkawi, Presiden Direktur AlifTV menjelaskan bahwa selama bulan Ramadhan ini, AlifTV hanya akan hadir 2 kali sehari yaitu pukul 04.00 – 06.00 WIB dan pukul 17.00 – 20.00 WIB. Sedangkan mulai 1 Oktober 2010, AlifTV akan hadir 24 jam.

Sumber 2 : http://www.kontan.co.id

EKSPANSI GRUP MAHAKA : Mahaka Media luncurkan Alif TV
Kamis, 12 Agustus 2010 | 03:36

JAKARTA. Bertepatan dengan hari pertama di bulan Ramadhan, Mahaka Media meluncurkan kanal televisi berbayar Alif TV dengan menggandeng Telkomvision.

Alif TV adalah wujud komitmen dan strategi grup Mahaka Media untuk menghadirkan produk multimedia terpadu bagi komunitas Muslim. Adrian Syarkawi, Presiden Directur Alif TV menyatakan, untuk sementara ini, Alif TV hanya akan hadir 2 kali sehari yaitu pukul 04.00 - 06.00 WIB dan pukul 17.00 - 20.00 WIB. "Mulai 1 Oktober 2010, Alif TV akan hadir 24 jam," ujar Adrian.

Dengan tag line "Memberi Inspirasi", Alif TV mengusung nilai-nilai Islami. Mereka berhadap dapat menghadirkan media positif yang dapat membangun moral masyarakat.

Adrian menjelaskan, target yang disasar oleh Alif TV adalah keluarga muda yang berusia 24 - 40 tahun. Alif TV memilih Telkomvision sebagai mitra karena perusahaan ini memiliki potensi yang sangat besar dengan membawa nama Telkomserta penetrasi pasar yang cukup luas.

Elvizar KH, Presidem Direktur Telkomvision, menyebut bahwa hadirnya Alif TV di Telkomvision merupakan sebuah terobosan di saat konten TV berbayar didominasi oleh tayangan asing. Ia berharap konten Alif TV dapat meningkatkan pasar televisi berbayar nasional yang saat ini merupakan yang terendah di Asia Tenggara.


Dari Republika.co.id :
Setumpuk Harapan Buat Alif TV
Kamis, 21 Oktober 2010 pukul 08:06:00

JAKARTA -- Kini, keluarga Indonesia bisa menikmati siaran televisi Islami Alif TV selama 24 jam sehari yang ditayangkan melalui televisi satelit berbayar Telkomvision. Banyak harapan ditumpukan kepada televisi Islam yang baru lahir ini.

Komisaris PT Mahaka Media Tbk Erick Tohir mengatakan, kehadiran Alif TV merupakan tantangan tersendiri untuk menghadirkan wajah Islam yang universal, yakni sebagai rahmatan lil alamin. Karena itu, Alif TV diharapkan mampu memberikan pencerahan dan inspirasi bagi bangsa Indonesia.

''Apa itu Islam? Bagi saya, Islam sebagaimana diajarkan orang tua saya adalah Islam yang rahmatan lil alamin. Dalam Alquran, manusia selain diwajibkan bertakwa, juga diharuskan untuk saling menghormati dan menyayangi sesama manusia. Spirit itulah yang mendasari kami membuat Alif TV,'' kata Erick dalam sambutannya saat peluncuran Alif TV di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (20/10) malam.

Erick mengungkapkan, dia dulu ditantang oleh para tokoh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia untuk membuat televisi Islam. ''Dulu kami ditanya, bisakah membuat TV yang Islami? Kini tantangan itu dapat kami buktikan,'' ujarnya.

Peluncuran Alif TV yang disiarkan secara langsung oleh 20 stasiun televisi lokal seluruh Indonesia dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara. Mereka adalah Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, dan Menkominfo Tifatul Sembiring yang secara simbolis membuka peluncuran Alif TV melalui pemukulan beduk.

Pejabat lain yang juga hadir adalah Ketua DPR Marzuki Alie, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh, Plt Jaksa Agung Darmono, dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Djoko Susilo. Mantan ketua MK Jimly Ashshiddiqie juga ikut hadir.

Karena disiarkan langsung 20 teve lokal, Alif TV pun mendapatkan penganugerahan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI). "Televisi lokal terbanyak di Indonesia," kata Jaya Suprana, dari MURI.

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mengatakan, hadirnya Alif TV diharapkan mampu membangkitkan kesadaran berakhlak dari unit terkecil sebuah bangsa, yakni keluarga.

''Apabila di rumah tegak akhlak, maka di luarnya akan miskin korupsi. Begitu sebaliknya. Inflasi korupsi itu terjadi karena miskinnya akhlak di rumah. Saya berharap Alif TV mampu menghadirkan konten yang dapat membuat orang tua mendidik anaknya di rumah, sehingga berdampak bagi bangsa ke depan,'' kata Anies.

Menko Polhukam Djoko Suyanto berpendapat, Alif TV dapat menjadi media menyampaikan citra Islam sesungguhnya yang rahmatan lil alamin. "Saya sangat menyambut baik diluncurkannya Alif TV. Saya harapkan ini dapat memberi penyejuk," kata Djoko.

Senada dengan Djoko, Menteri Sekertaris Negara Sudi Silalahi mengaku gembira dengan kemunculan Alif TV. Menurutnya, Alif TV dapat menjadi alternatif dan penyejuk di tengah beragamnya informasi. "Ini sangat baik. Terutama dalam memublikasikan Islam yang sesungguhnya," kata Sudi.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Alif TV adalah televisi yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, terutama umat Islam sebagai media yang membawa pencerahan dan deradikalisasi. "Pencerahan dalam arti tidak sekadar informasi, tapi juga aspek pendidikan moral, bisa menyejukkan secara rohani dan mendorong deradikalisasi,'' tegasnya.

Selain itu, sambung Hatta, Alif TV diharapkan membawa nuansa Islami yang luas untuk memahami Islam secara utuh. "Di tengah masyarakat yang dilanda gencarnya konten televisi yang mendorong perilaku konsumtif TV seperti ini cukup dinantikan," tukasnya.

Ketua DPR Marzuki Ali mengacungkan kedua ibu jari tangannya akan keberadaan Alif TV. Keberadaan televisi Islami ini, menurutnya, merupakan terobosan baru yang sangat berarti di dunia penyiaran.

"Luar biasa, baru pertama kalinya ada launching telivisi bernuansa Islam," kata Marzuki. Keberadaan Alif TV sangat baik bagi kepentingan bangsa karena mampu memberikan masukan dan pencerahan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Jimly Asshiddiqie berharap keberadaan Alif TV dapat memperbaiki kondisi industri penyiaran yang belakangan ini berjalan tanpa perhitungan nilai etika. Alif TV diharapkan menjadi contoh bagi industri penyiaran sebagai saluran televisi yang bisa mengemas program dengan standar keagamaan. ''Kalau ini berhasil, dia bisa bepengaruh pada televisi-televisi lain,'' katanya.

Ustadz Yusuf Mansyur pun meminta pemilik Alif TV serius menggarap media ini, karena televisi bersegmen Islami di Tanah Air masih sangat jarang. ''TV ini harus hidup dan menghidupkan masyarakat, dan kalau bisa jangan sampai dijual, harus terus dibesarkan,'' kata pengasuh Pondok Pesantren Daarul Quran Tangerang ini.

Pengamat ekonomi Aviliani menilai, Mahaka Media telah melakukan langkah berani meluncurkan televisi Islami di tengah kondisi masyarakat yang sakit. Menurutnya, Alif TV akan sangat berguna bagi negara ini terutama dalam segi moral anak-anak. Keberadaan televisi berbasis Islam akan terasa manfaatnya 10 tahun lagi ketika anak-anak itu telah menjadi pemuda-pemudi harapan bangsa.

Presenter televisi Farhan ikut menitipkan harapan agar kehadiran Alif TV dapat menghadirkan nilai-nilai universalitas ajaran Islam. ''Saya berharap, Islam sebagai rahmatan lil alamin bisa tergambarkan dari acara-acara yang diusung oleh Alif TV,'' kata Farhan.

Siaran Alif TV telah dapat dinikmati pelanggan TelkomVision sejak Agustus lalu, meskipun masih mengudara secara terbatas selama lima jam sehari. Hanya dalam tiga bulan siaran percobaan, Alif TV mampu menarik sekitar 250 ribu pelanggan.

Menurut Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk Andrian Syarkawi Alif TV membidik semua kalangan, khususnya masyarakat berusia 24-40 tahun. Alif TV akan memproduksi 150 jam tayang selama sebulan dengan 30 persen muatan religi yang dibalut hiburan, muatan pendidikan 40 persen, dan sisanya siaran bisnis dan berita dengan nama Republika 9. agung budiono/yasmina hasni/abdullah sammy ed: rahmad budi harto


Dari JawabaNews :
Alif TV, Televisi Indonesia Bersegmen Islami 100%
THURSDAY, 21 OCTOBER 2010

Di Indonesia, telah hadir stasiun televisi yang baru yang bernama Alif TV. Rabu kemarin (20/10) Alif TV mengadakan launching di Balai Sarbini. Yang membuat beda Alif TV dengan stasiun-stasiun televisi lainnya adalah Alif TV akan menghadirkan semua segmen Islam dalam setiap acara penayangannya.

Alif TV ini diresmikan oleh Menko Perekonomian, Hatta Radjasa; Menko Polhukam, Djoko Suyanto; dan Menkominfo, Tifatul Sembiring. Peresmian dilakukan dengan pemukulan bedug. Acara peluncuran Alif TV dihadiri sejumlah petinggi negara, di antaranya Ketua DPR Marzuki Alie, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Darwin Saleh, Plt Jaksa Agung Darmono, dan Ketua BPK Djoko Susilo.

Anggota DPR RI dari PKS, Zulkieflimansyah mengapresiasi langkah Mahaka Grup dalam merintis hadirnya televisi dengan segmen Islami, “Saya kira umat Islam merindukan hadirnya segmen Islam, bukan berarti sectarian, suka tidak suka masyarakat kita umat Islam,” katanya.

Saluran televisi berbayar yang bekerja sama dengan telkomvision ini mendapatkan penganugerahan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diterima oleh Chief Executive Officer (CEO) PT. Mahaka Media Tbk, Andrian Syarkawi di hadapan semua orang yang menghadiri acara peresmian kemarin.

Jaya Suprana, dari MURI, menyampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan atas rekor launching televisi pertama yang disiarkan secara live oleh 20 televisi lokal di seluruh Indonesia. “TV lokal terbanyak di Indonesia,” katanya.

Nantinya, Alif TV akan tayang 24 jam di bawah channel telkom vision. Dalam tiga bulan masa penampilannya, Alif TV telah mampu menarik sekitar 250 ribu pelanggan. Bahkan, Alif TV menargetkan bisa menggaet satu juta pelanggan dari 150 juta pelanggan Telkom Vision yang sudah ada. Alif TV akan memproduksi 150 jam tayang selama sebulan. Karena mengambil segmen Islam, maka konten Alif TV 100 persen religi yang dibalut entertainment sebanyak 30%, edutainment 40%, dan sisanya terdiri dari Bisnis dan News dengan nama Republika 9.


Dari Vivanews.com :
Tiga Menteri Resmikan Peluncuran 'aliftv'
Rabu, 20 Oktober 2010, 23:35 WIB

Saluran televisi bernuansa Islami 'aliftv' resmi diluncurkan malam ini, Rabu 20 Oktober 2010. Peluncuran yang bertema 'Syiar Syair Islami' itu diadakan di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta.

Sejumlah artis dan tokoh masyarakat turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya Menkominfo Tifatul Sembiring, Din Syamsudin, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Ustad Jefry Al Buchori dan Menteri ESDM Darwin Zahedy.

"Dulu saya berangan-angan bisakah ada saluran televisi yang menghadirkan kesejukan. Hari ini dengan dukungan ICMI tentunya kita bisa hadirkan 'aliftv' saluran bagi komunitas muslim," kata Presiden Direktur 'aliftv', Erick Thohir dalam sambutannya di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu 20 Oktober 2010 malam.

Acara peluncuran yang dipandu oleh Farhan dan Rahma Sarita tersebut ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh Mekominfo Tifatul Sembiring, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, dan Menkopolhukam Djoko Suyanto.

Perhelatan akbar itu juga dimeriahkan dengan penampilan GIGI, Tasya, Hadad Alwi dan Bimbo. Selain itu, film pendek karya Hanung Bramantyo yang berjudul 'Apa Itu Islam?' ikut meramaikan peluncuran 'aliftv'.


Republika.co.id : KPI Beri Apresiasi pada Alif TV
Selasa, 19 Oktober 2010, 22:30 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Di tengah serbuan entertainment show dan tayangan infotainment di sejumlah stasiun televisi, Alif TV muncul dengan sesuatu yang baru. Program-program bernafaskan Islami menjadi menu utama dari stasiun yang tayang di televisi berbayar Telkomvision itu.

Program pendidikam bagi anak, hiburan untuk remaja, serta tayangan informatif bagi para orang tua dikemas utuh dalam nafas Islami yang sejuk dan damai. Kemunculan Alif TV dengan menu tayangan acaranya mendapat apresiasi dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Ketua KPI Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, Alif TV dapat menjadi alternatif bagi masyarakat dengan tayangan yang mencerahkan. “Saya pikir ini bagus. Visi dan misi yang ditawarkan sangat baik. Tayangannya yang memberikan pencerahan menjadi alternatif tersendiri bagi masyarakat,” ujarnya saat dihubungi Republika, Selasa (19/10).

Dadang berharap, munculnya Alif TV mampu memacu stasiun televisi lain untuk menayangkan konten acara yang mendidik serta kaya akan nilai dan norma. “Kami harap acaranya bisa dishare ke stasiun TV lokal dan nasional,” pungkasnya.

Link Terkait :
http://www.jawaban.com/news/userfile/20101021Alif390x250.jpg


Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya