Penguntil Lansia Meningkat, Aktivitas Sosial Solusinya

Liputan6



28/08/2009 15:53 | Lansia
Liputan6.com, Tokyo: Sebuah hasil jajak pendapat yang dikeluarkan Kepolisian Jepang seputar penguntil di Jepang bisa membuat kita geleng-geleng kepala. Kenapa? Hasil survei seputar penguntil itu justru menunjukkan tren kenaikan jumlah penguntil alias pencuri di toko yang dilakukan orang lanjut usia. Secara logika seharusnya mereka yang telah sepuh memiliki kebijaksanaan tersendiri yang patut diteladani anak muda. Namun fakta di Jepang berkata sebaliknya.

Menurut data kepolisian pada 2008 sebanyak 23 persen dari 17.800 kasus penguntilan dilakukan mereka yang telah berusia 65 tahun ke atas. Bahkan dengan meningkatnya orang lanjut usia pada tahun-tahun mendatang bukan tidak mungkin jumlah penguntil lansia akan bertambah pula. Alasan yang melatari perbuatan tak terpuji itu juga beragam mulai dari perasaan kesepian hingga merasa tidak ada manfaatnya lagi hidup di dunia. Menurut data hampir setengah dari kasus penguntilan terjadi karena perasaan kesepian.

Mungkin didasari perasan iba dan ingin memperbaiki kualitas hidup para lansia, kepolisian Jepang mengambil langkah bijak guna mengatasi masalah ini tanpa memberikan hukuman langsung pada mereka. Salah satu langkah yang dipilih polisi Jepang adalah dengan mengikutsertakan mereka dalam community service. Bagi kepolisian daripada melakukan tindakan hukum, lebih baik merehabilitasi dengan cara memberikan kepedulian. "Mengajak mereka beraktivitas di dalam sebuah komunitas tertentu akan lebih efektif," ujar Akihiro Sakai, Kepala Riset Kepolisian yang dipercaya mengatasi meningkatnya angka penguntil lansia, seperti dikutip Reuters. Tindakan polisi ini sangat positif, karena selain bisa memberikan banyak waktu bagi para lansia untuk saling berinteraksi sesama mereka, para lansia juga dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat.(DIO)

---------------------
Notes :
Yang usianya belum 65 tahun tenang saja mbah, belum masuk kategori ini.
Dan kalau sering nangkring di-internet juga bisa jadi solusi untuk tidak iseng mengutil.
:)

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya