Internet Kian Terjangkau Blogger Makin Ramai

Internet Kian Terjangkau
Blogger Makin Ramai
Blogger makin giat mengisi weblognya, terutama setelah akses internet kian terjangkau.

Jum'at, 2 Januari 2009, 15:05 WIB



Blogger, sebutan bagi mereka yang memiliki situs blog dan aktif mengisi kontennya terus bertambah jumlahnya. Dibanding sebelumnya, aktivitas blogging juga semakin sering mereka lakukan. Apalagi setelah tarif internet demikian terjangkau seperti saat ini.

Contohnya, Mochammad Kurniawan. Pemilik blog beralamat di m-kurniawan.web.id itu mengaku sangat terbantu dengan munculnya layanan akses internet yang terjangkau dari operator seluler. Sejak mulai menulis blog lewat di Blogspot tahun 2004, berbekal akses internet unlimited ia serius blogging di tahun 2006, dan membuat domain sendiri.

Kurni, begitu panggilannya, mengakui saat ini juga ia mulai menurunkan aktivitasnya di mailing list. "Dulu, dalam sehari saya bisa posting di atas 100 email ke berbagai milis. Sekarang, tidak sampai 20 per hari," ucapnya. Ketika ditanya alasan mengapa ia tidak lagi teralalu aktif di milis, "Lebih enak ngeblog," ucap Kurni yang kini hanya menghabiskan Rp 137. 500 per bulan untuk akses internet non stop. Dengan blog ia juga mengaku merasa lebih diakui. "Perusahaan besar saja banyak yang menyuruh karyawannya untuk bikin blog," kata Kurni.

Mensosialisasikan blog juga kini diakui lebih mudah oleh I Made Cock Wirawan yang memiliki situs blog beralamat di www.blogdokter.net. Menurutnya, aktivitas blogging itu bukan sekadar nulis, tetapi perlu juga sosialisasi atau yang sering disebut sebagai blogwalking. "Saat blogwalking ini kita harus membaca blog teman dan mengomentarinya. Hal ini tentu akan mahal bila masih menggunakan akses internet dial up," kata Dokter yang sehari-hari praktek di Rumah Sakit Umum Graha Asih, Kuta, Bali.

Menurut IMCW, nama aliasnya jika beraktivitas di milis dan forum, inti dari blog itu adalah social networking alias berkomunitas. "Blogger tanpa komunitas, tidak akan bisa maju. Nah, saat berkomunikasi di dunia maya inilah diperlukan akses yang murah dan stabil," ucap dokter yang juga menyediakan konsultasi gratis secara online di forum yang ia buat, yakni Forum Medisiana.

"Kalau menulis blog saja tidak membutuhkan koneksi yang mahal. Cukup ditulis offline lalu upload sekaligus, seperti ketika membaca email menggunakan mail client. Proses onlinenya juga cuma beberapa menit saja. Yang lama itu saat menjelajah blog-blog teman," ucap pengguna yang menghabiskan sekitar Rp 108 ribu per bulan untuk aktivitas internetnya.

Sebelum berlangganan internet 3G unlimited dari sebuah operator telekomunikasi nasional, Muhammad Wendy Taufik, selalu memperbarui blognya di wendyartstudio.uni.cc menggunakan sambungan GPRS. "Tentu saja, sambungan internet lewat jaringan 3G bisa 2-3 kali lebih cepat dibanding saat mengakses menggunakan jaringan GPRS," kata Wendy juga juga merupakan seorang programmer.

Sebelumnya, ia mengaku kesulitan memenej blognya dengan baik dan tak bisa ia tangani secara serius. Tetapi berkat andil dari akses internet 3G unlimitednya yang dapat ia gunakan setiap saat, kini tulisan-tulisan di blog Wendy yang kebanyakan mengenai teknologi, lebih berisi daripada sebelumnya.

Sent with Clipmarks

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya