Tempointeraktif.Com - Siapa Penembak Mati Qadhafi?

foto

TEMPO Interaktif, Tripoli - Pemimpin Libya, Muammar Qadhafi, tewas dalam pipa drainase dalam penyergapan di Sirte, sekitar 45 kilometer dari Tripoli, Kamis, 20 Oktober 2011. Bagaimana sebenarnya tokoh berjuluk Singa Afrika ini tewas?

Tentara Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya mengklaim mereka menyaksikan detik-detik terakhir tewasnya Qadhafi di kota kelahirannya, Sirte. Pasukan brigade Qabra, Adel Samir, mengatakan para pejuang sudah beberapa hari menguasai Sirte dan mencari keberadaan pemimpin yang dijuluki “Singa Afrika” itu.

Rombongan Qadhafi diserbu pesawat tempur di Sirte pada Kamis, pukul 08.30 waktu setempat. Pesawat British Tornado, Predator, serta Rafael membombardirnya. Di darat, pasukan Dewan Transisi Nasional terus mendesak. Qadhafi terpojok hingga terpaksa bersembunyi di pipa drainase.

Pasukan NTC mengepung pipa dan terjadi baku tembak. Qadhafi diseret keluar dalam keadaan terluka. Dalam rekaman video yang beredar di Internet, Qadhafi masih hidup. Dia memohon supaya tak ditembak. “Seseorang menembaknya dengan pistol 9 milimeter,” tegas Adel.

Hingga saat ini, belum diketahui siapa eksekutor Qadhafi. Beberapa saat setelah kabar tewasnya Qadhafi, muncul tayangan video dan gambar yang memperlihatkan tentara sedang mengacung-acungkan senjata, pistol emas milik Qadhafi.

Tempointeraktif.Com - Siapa Penembak Mati Qadhafi?

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar: