Gitaris Lampung Masuk 10 Besar Kompetisi Dunia


BANDAR LAMPUNG--Andharma (30), gitaris asal Lampung, berhasil menembus finalis 10 besar dalam kejuaraan String Insanity Guitar Competition yang diadakan oleh yayasan gitar Shred Academy di California, Amerika Serikat.

Andharma yang beralamat di Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung bercerita, kejuaraan tersebut diikuti oleh sekitar 400-an gitaris dari seluruh Dunia. Para kontestan diharuskan mengirimkan sebuah rekaman video permainan gitar dengan durasi 1 menit.


Personal band Etridi ini mengaku mengirimkan sebuah rekaman video dengan permainan beraliran neo klasik di kejuaraan tersebut. "Waktu mengirimkannya sih iseng aja, tapi permainan dalam video memang digarap serius, dan nggak nyangka juga bisa masuk 10 besar, bahkan satu-satunya wakil dari Indonesia," kata Andharma ketika mengunjungi kantor redaksi Lampung Post, Minggu (30-10).


Untuk itu Andharma sangat berharap dukungan yang diberikan oleh semua pihak agar dapat memenangkan kompetisi tersebut. "Dalam kejuaraan ini, pemenang ditentukan oleh 4 juri yang ada dan voting dari masyarakat. Komposisi 40% dengan 60%," jelasnya.


Oleh karenanya, Andharma berharap kepada seluruh masyarakat atas doa dan dukungannya terutama melalui voting. "Voting bisa dilakukan dengan cara menuliskan "An'dharma" pada dinding Facebook milik akun Shred Academy. Voting berakhir 30 November mendatang," terang pria pengguna gitar merek Ibanez ini.


Selama ini, Andharma mengakui kurang mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari rekan komunitasnya sendiri yakni Indonesia Guitar Community (IGC).
Namun, pria yang mengenal gitar sejak duduk di bangku kelas 2 SMP ini tetap semangat mengikuti kompetisi dan berharap dukungan makin bertambah.


Sejak SMP ia mengikuti beberapa festival musik yang ada, pada kebanyakan festival Andharma sering diganjar penghargaan best guitar.


Selanjutnya, pada tahun 2008 Andharma bersama rekannya mendirikan band bernama The President Band yang saat ini bernama Etridi, sempat menghasilkan 2 album rekaman, namun saat ini kondisi band tersebut sedang vakum.


Andharma sendiri dalam bermain musik banyak mendapat influence dari beberapa musisi dunia seperti Paul Gilbert (Ex Mr Big), Edward Van Halen dan sebagainya, oleh karenanya ®MDRV¯genre®MDNM¯ dalam permainan musiknya adalah rock. MG7/S-2


Gitaris Lampung Masuk 10 Besar Kompetisi Dunia

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar: