Sate Kuda Empuk dan Lezat



Ilustrasi
(ist)
INILAH.COM, Bandung - Makan sate ayam, sate kambing atau sate kelinci mungkin biasa. Tapi, bagaimana dengan sate kuda?.
Yup, sate yang satu ini memang terbuat dari daging kuda. Penjualnya bernama Abah Rian. Jika ingin mencicipi sate ini, cukup datang ke pujasera Katapang, Bandung, Jawa Barat.
Setiap harinya Abah Rian sudah mampu menghabiskan tujuh hingga 12 kilogram daging kuda. Para pelanggan sate kuda Abah Rian pun tidak hanya berasal dari Bandung dan sekitarnya, namun juga datang dari kota lain seperti Jakarta.
Awal mulainya merintis sate kuda ini menurut Abah Rian, karena sudah kenal betul kelezatan dan khasiat daging kuda. Daging hewan ini diyakni mampu mengobati sejumlah penyakit seperti asma, asam urat, darah rendah, hingga penyakit kulit seperti eksim, dan gatal-gatal. Sementara bagi kaum pria yang mengonsumsi sate kuda kabarnya dapat meningkatkan stamina.
Harga jual untuk satu porsi sate kuda yang berisi sepuluh tusuk Rp 18 ribu. Namun jika ingin ditambah nasi, tambah pula uang sebesar Rp 3.000.
Pasokan daging kuda sebagai bahan baku sate, diperoleh Abah Rian dari tempat penyembelihan kuda di Bandung. Untuk satu ekor kuda, bisa menghasilkan dua kwintal daging dan bisa dijadikan lima ribu tusuk sate.
Bumbu yang digunakan selain memiliki ramuan khusus, juga menggunakan bumbu sate pada umumnya yaitu sambel kacang, kecap, serta acar.
Tertarik untuk mencicipi sate kuda di akhir pekan?

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Arsipnya