Kisah Binladen Group Menjalin Kontak dengan Bush

Kisah Binladen Group Menjalin Kontak dengan Bush

INILAH.COM, Jakarta - Saudi Binladen Group adalah satu dari sedikit konglomerat Arab saudi yang bukan dari keluarga kerajaan. Bagaimanakah orangtua Osama membangun usahnya itu?

Ayah Osama, Mohammed Awad Bin Laden berasal dari Hadramaut, Yaman. Awad, seorang buruh bangunan yang tak bisa membaca dan menulis, harus menempuh ribuan mil agar sampai ke Jeddah untuk mencari penghidupan.

Bersama kawan sekampungnya yang bernama Salem bin Mahfouz, tulis Craig Unger dalam bukunya House of Bush, House of Saud The Secret Relationship Between the World's Twoo Most Powerful Dynasties, Awad bertaruh peruntungan dalam bisnis haji.

Dari sana, ayah Osama ini mulai secara perlahan menjalin ikatan bisnis dengan keluarga kerajaan dan mulai melirik bisnis konstruksi yang memang pada saat itu lagi tengah marak, menyusul pembangunan jalan-jalan dan bangun di Saudi.

Tahun 1930 Awad bin Laden mendirikan Saudi Binladen Group yang fokus pada proyek konstruksi. Bisnisnya dengan kerajaan makin banyak. Dia mendapat banyak proyek jalan. Bahkan yang paling fenomenal adalah diberikannya pembanguan komplek Masjidil Haram senilai US$ 17 miliar kepada grup ini.

Inovasinya yang paling cerdas untuk mendapatkan simpati dari keluarga kerajaan adalah membangun jalan menuju kamar tidur Raja Abdul Azis yang saat itu mulai tua dan sulit berjalan.

Singkatnya, saudi Binladen Group pun mulai menjadi konglomerat. Ketika Awad meninggal 1968, usahanya sudah mapan dan anaknya yang tertua (anaknya berjumlah 54 orang) Salem bin Laden sudah siap mengambil alih.

Tahun 1970-an, kakak Osama ini, yang saat itu berumur 25 tahun, sudah melebarkan sayapnya di Texas dengan membuat perusahaan perbaikan pesawat kecil bernama Binladen Aviation. (Saat ini Binladen Group mencatatkan pendapatan US$5 miliar per tahun, dengan jumlah karyawan 50 ribu orang di seluruh dunia. Sayapnya bisnisnya membentang dari usaha konstruksi, teknik, telekomunikasi, penerbitan buku, manufaktur kendaraan dan perlistrikan.)

Nah, di Texas inilah keluarga bin Laden mulai menjalin kontak dengan keluarga Bush yang terus terjalin erat hingga dua Bush (bapak dan anak) menjadi presiden Amerika. [ram]

Kisah Binladen Group Menjalin Kontak dengan Bush - www.inilah.com

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar: